Totalitas Sienna Miller di Industri Film

Minggu, 23 September 2018 - 11:24 WIB
Totalitas Sienna Miller...
Totalitas Sienna Miller di Industri Film
A A A
SIENNA Miller adalah aktris Hollywood yang telah belasan tahun berkecimpung di dunia akting. Dia telah membintangi puluhan judul film dan menerima beberapa penghargaan.

Perempuan bernama lengkap Sienna Rose Diana Miller ini lahir pada 28 Desember 1981 di New York. Ibunya, Josephine, adalah model asal Inggris kelahiran Afrika Selatan.

Ayahnya, Edwin Miller, adalah seorang bankir Amerika yang menjadi pedagang seni China. “Keluarga kami pindah ke London ketika saya berusia 18 bulan,” ujar Sienna, seperti dilansir Vogue.com. Meski lahir di Amerika Serikat, Sienna dibesarkan di London.

Ibu Sienna menjalankan sekolah drama terkenal, Lee Strasberg, London. Dari sanalah Sienna mengenal dan akhirnya tertarik pada dunia akting. Sienna menempuh pendidikan dasar di sekolah Heath - field di Ascot, Surrey.

Setelah menempuh pendidikan di Heathfield, sekolah asrama bergengsi di Berkshire, dia kembali ke New York. Di New York, Sienna menempuh pendidikan di Lee Strasberg Theater & Film Institute.

Di tempat ini dia belajar akting selama setahun. Pa da tahun 2001 dia memulai debut aktingnya di film South Kensington dengan Rupert Everett dan Elle Macpherson. Tak lama kemudian dia mendapatkan peran reguler dalam serial drama televisi Keen Eddie.

Serial televisi ini berhasil dinominasikan untuk penghargaan TV Break Out Star oleh Fox Teen Choice Awards. Pada tahun 2004 Sienna memiliki peran pendukung dalam remake film Alfie bersama dengan aktor tampan Jude Law.

Film remake dari film 1966 ini diangkat dari film dengan judul yang sama. Film remake yang disutardarai oleh Charles Shyer ini membuat nama Sienna Miller populer, bahkan sebelum film itu dirilis.

“Semuanya terjadi dalam urutan yang salah. Saya melakukan film pertama saya yang tepat di mana saya bertemu Jude dan kami berkumpul, dan kemudian seluruh selebriti terjadi sebelum saya mengeluarkan film,” ujar Sienna.

Pada tahun berikutnya, Sienna bertindak sebagai pemeran utama perempuan dalam drama komedi Casanova. Lalu dia memerankan peran sosialita 1960-an dan Andy Warhol muse Edie Sedgwick di Factory Girl pada 2006.

Pada tahun 2008 Sienna muncul dalam versi film novel penulis Michael Chabon, The Mysteries of Pittsburgh, dan memfilmkan The Edge of Love dengan Keira Knightley. Dia juga mendapat peran di film biografi Dylan Thomas.

“Saya muncul dalam adaptasi film live-action dari buku komik dan kartun G.I. Joe, G.I. Joe: The Rise of Cobra (2009). Saya juga mendapatkan peran di film Hippie Hippie Shake,” ujar Sienna.

Pada tahun 2012 Sienna berakting dalam The Girl, sebuah film HBO tentang hubungan antara sutradara Alfred Hitchcock dan aktris Tippi Hedren. Pada tahun 2014 dia muncul di Foxcatcher milik Bennett Miller dan Clint Eastwood’s American Sniper.

“Di film ini saya mendapatkan peran sebagai Taya Renae Kyle,” ujar Sienna. Sienna juga ikut membintangi drama kejahatan yang digarap Ben Affleck berjudul Live by Night. Drama ini dirilis pada akhir 2016.

Pada tahun 2018 ini Sienna membintangi dua film sekaligus, yakni The Catcher was a Spy dan American Women. Sejak 2001 hingga 2018, Sienna adalah aktris yang konsisten dalam berakting. Tercatat dia sudah berperan di 33 judul film, 5 serial televisi, dan 5 pertunjukan teater.

Berbagai penghargaan di bidang film pun telah berhasil diraih Sienna. Dia pernah mendapatkan nominasi aktris terbaik dari penghargaan Independent Spirit Awards, London Film Critics Circle Awards, dan British Independent Film Awards.

Dia bahkan pernah mendapatkan nominasi penghargaan Golden Globe Award di kategori aktris terbaik di serial televisi. Nominasi penghargaan tersebut didapatkannya atas aktingnya yang memukau di serial televisi The Girl.

Selama belasan tahun kariernya sebagai aktris, Sienna sudah mendapatkan beberapa penghargaan. Pada tahun 2007 dia memenangi kategori EMA Futures Award di penghargaan Envirimental Media Awards.

Sementara itu, pada 2009 dia memenangi kategori penghargaan Best Supporting Actress dari ShoWest Awards. Penghargaan ini dia dapatkan karena aktingnya yang dianggap baik dalam film The Edge of Love.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0754 seconds (0.1#10.140)