Yuk, Ketahui 6 Gejala dan Tanda Trigeminal Neuralgia

Jum'at, 28 September 2018 - 11:40 WIB
Yuk, Ketahui 6 Gejala dan Tanda Trigeminal Neuralgia
Yuk, Ketahui 6 Gejala dan Tanda Trigeminal Neuralgia
A A A
JAKARTA - Trigeminal neuralgia umumnya ditandai oleh beberapa gejala awal, seperti nyeri di wajah. Rasa nyeri biasanya terjadi secara sepontan dan dalam waktu singkat. Namun, jika kondisi ini dibiarkan, lama kelamaan akan berkembang lebih berat, baik dari sisi nyeri yang dialami pasien dan waktu serta intensitas munculnya nyeri.

Oleh karena itu, pakar nyeri dari Klinik Nyeri dan Tulang Belakang Jakarta, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS mengungkapkan pentingnya untuk mengetahui beberapa tanda dan gejala yang sering muncul pada pasien dengan trigeminal neuralgia agar tidak mengganggu aktivitas. Berikut ulasannya.

1. Nyeri baik yang bersifat ringan hingga berat. Umumnya rasa nyeri yang dirasakan pasien seperti nyeri sengatan listrik, dan sering datang secara tiba-tiba.
2. Nyeri spontan yang dipicu oleh hal-hal kecil seperti menyentuh wajah, mengunyah, berbicara atau saat sedang menggosok gigi.
3. Nyeri trigeminal neuralgia bisa berlangsung beberapa detik hingga beberapa menit. Pada kondisi yang berat, nyeri hadir setiap saat bahkan hingga berbulan-bulan hingga menimbulkan ketidaknyamanan penderitanya.
4. Nyeri yang terjadi pada pasien khas, di daerah wajah yang dilalui saraf trigeminal termasuk diantaranya area pipi, rahang, gigi, gusi, bibir hingga sekitar mata dan dahi.
5. Nyeri trigeminal biasanya terfokus pada satu titik. Meski tidak menutup kemungkinan nyeri kemudian menyebar membentuk pola yang lebih luas di wajah.
6. Nyeri biasanya menjadi lebih sering muncul dari waktu kewaktu dengan derajat nyeri yang umumnya lebih berat.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9485 seconds (0.1#10.140)
pixels