Mengenang Rudy Wowor, Kuasai 7 Bahasa Asing hingga Lincah Menari

Jum'at, 05 Oktober 2018 - 15:51 WIB
Mengenang Rudy Wowor, Kuasai 7 Bahasa Asing hingga Lincah Menari
Mengenang Rudy Wowor, Kuasai 7 Bahasa Asing hingga Lincah Menari
A A A
JAKARTA - Kabar duka datang dari aktor sekaligus penari senior Tanah Air, Rudolf Canesius Soemolang Wowor atau yang lebih dikenal dengan nama Rudy Wowo yang tutup usia Rumah Sakit Meilia, Cibubur, Jakarta Timur, pada Jumat (5/10/2018).

Semasa hidupnya, aktor blasteran Belanda-Manado ini akrab dengan peran antagonisnya. Pria berusia 74 tahun ini mengawali kariernya di dunia seni peran sejak 1970-an. Selain seni peran, Rudy juga seorang penari, koreografer, instruktur tari dan juga penulis.

Rudy Wowor mulai populer sejak dirinya berperan sebagai Veltman di film Tjoet Nja’ Dhien tahun 1988 silam. Dirinya sering berperan menjadi tentara Belanda, sehingga dalam tiga film besarnya yang bertemakan perjuangan, ia harus menjadi tentara Belanda.

Rudy benar-benar tahu kebiasaan dan perilaku tentara Belanda. Hal itulah yang dijadikan alasan untuk dirinya mendapatkan peran menjadi kompeni penjajah ini. Selain memang keturunan Belanda, ia juga sempat mengenyam pendidikan di Negeri Kincir Raksasa tersebut.

Berkat berbagai macam bakat yang dimilikinya, aktor ini mampu memperlihatkan bakat akting melalui film yang dibintangi seperti Tjoet Nja’ Dhien (1988), Perawan (1976), Soerabia ’45 (1990), Java Heat (2013), dan Merah Putih (2009).

Atas kemampuan aktingnya, Rudy masuk dalam nominasi Aktor Pendukung Terbaik FFI 1988 melalui film Tjoet Nja’ Dhien. Kemudian pada tahun 2007 lalu, ia menjadi juri dalam sebuah acara di stasiun televisi swasta berjudul Seleb Dance bersama dengan Denny Malik dan Vina Melinda.

Lelaki yang memiliki raut wajah antagonis ini, rupanya mampu menguasai tujuh bahasa asing hingga dirinya menyalurkan bakat penulisnya di harian Madrid, Spanyol dan Australia. Selain itu, pria kelahiran Amsterdam, Belanda ini sangat menyukai wine dan bisa meminum wine hampir setiap hari. Dirinya mengonsumsi wine asal Ukraina yang sudah terbukti memiliki rasa dan khasiat berasal dari anggur tersebut yang dikenal sebagai obat antioksidan dan pencegah kanker.

Seperti diketahui, beberapa tahun lalu Rudy Wowor pernah dilarikan ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Aktor itu dirawat intensif karena penyakit komplikasi. Kini Rudy Wowor telah tutup usia, berita duka ini pertama kali dibagikan oleh pengguna media sosial Facebook bernama Siti Madinah.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5103 seconds (0.1#10.140)