Takut Alami Kebotakan Rambut? Atasi dengan Olahan Cabai Rawit

Senin, 22 Oktober 2018 - 18:34 WIB
Takut Alami Kebotakan Rambut? Atasi dengan Olahan Cabai Rawit
Takut Alami Kebotakan Rambut? Atasi dengan Olahan Cabai Rawit
A A A
JAKARTA - Rambut rontok merupakan masalah perawatan rambut yang sangat umum dan untuk menumbuhkannya merupakan hal yang sulit. Akibatnya kepala lebih cepat botak. Lalu bagaimana mengatasinya?

Rambut rontok dapat disebabkan oleh beberapa factor, seperti polusi, perubahan gaya hidup, dan bahkan ketidakseimbangan hormon. Sebagai hasil dari ini menyebabkan masalah rambut terkait lainnya seperti ketombe, kerusakan, rambut bercabang, dan lainnya hingga pada akhirnya menyebabkan rambut rontok.

Ada berbagai macam produk yang tersedia di pasar yang dapat mengobati masalah ini. Tetapi semua produk ini diresapi dengan bahan kimia yang dapat menyebabkan kerusakan rambut lebih lanjut.

Oleh karena itu, lebih aman untuk melakukan pengobatan ala rumah dengan bahan alami, seperti menggunakan cabai rawit. Memang tidak ada yang menyangka jika cabai rawit bisa mengatasi masalah rambut.

Capsaicin dalam cabe rawit membantu dalam merangsang pertumbuhan rambut. Ketika digunakan secara topikal, cabai rawit juga dapat membantu memberikan rambut yang berkilau dan halus. Seperti dilansir Boldsky, berikut cara penggunaan cabai rawit untuk rambut.

1. Cabai rawit dan minyak zaitun

Cabai rawit dan minyak zaitun menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan rambut lebih cepat. Bahan yang digunakan, yakni 1 cangkir minyak zaitun dan 5-6 cabai rawit. Cara melakukannya, potong cabai rawit kecil-kecil. Tambahkan minyak zaitun.

Simpan ini di tempat yang dingin selama sekitar 10-15 hari. Setelah itu saring minyak dan pisahkan ampasnya. Ambil beberapa tetes minyak ini dan mulai menerapkannya pada rambut dan kulit kepala hingga ke akar rambut. Biarkan selama satu jam.

Kemudian bilas menggunakan sampo ringan. Ikuti cara ini, setidaknya tiga kali dalam seminggu.

2. Cabai rawit dan minyak jarak
Bahan yang digunakan, yakni 1 cangkir minyak jarak, 2 sdm cabai rawit. Cara melakukan, campurkan minyak jarak dan cabai rawit dalam botol. Simpan minyak ini di tempat yang sejuk dan jauhkan dari sinar matahari selama hampir 2 minggu.

Kemudian ambil satu sendok makan minyak dan oleskan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan selama 30 hingga 40 menit dan cuci dengan sampo ringan. Anda bisa mengikuti ini 3-4 kali dalam seminggu.

3. Cabai rawit dan cuka sari apel
Cabai rawit dan cuka sari apel menjadi cara yang tak kalah efektif. Bahan yang digunakan, yakni 1 sdm cuka sari apel 1-2 tetes dan ekstrak cabai. Campuran cuka sari apel dan ekstrak cabe rawit. Oleskan pada kulit kepala dan rambut.

Pijat dengan gerakan memutar dengan bantuan ujung jari Anda. Biarkan campuran selama beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air biasa. Mengulangi obat ini sekali atau dua kali seminggu dapat memberi hasil yang diinginkan.

4. Cabai rawit dan minyak kelapa
Gunakan ½ cangkir minyak kelapa, ½ cangkir minyak zaitun, dan 2 sdm bubuk cabai. Campur semua bahan dan simpan dalam botol kaca selama 2 minggu. Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang sejuk, jauh dari sinar matahari. Ambil beberapa tetes minyak ini dan aplikasikan ke rambut. Biarkan selama 30 menit dan cuci dengan sampo ringan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7529 seconds (0.1#10.140)