Rutin Berenang Bisa Kurangi Gejala Kecemasan dan Depresi

Selasa, 23 Oktober 2018 - 15:29 WIB
Rutin Berenang Bisa Kurangi Gejala Kecemasan dan Depresi
Rutin Berenang Bisa Kurangi Gejala Kecemasan dan Depresi
A A A
INGGRIS - Mental Health Foundation mengatakan penyakit kesehatan mental dapat mempengaruhi jutaan orang di Inggris, dimana seperlima orang dewasa menunjukkan gejala kecemasan atau depresi. Untuk mengatasi hal itu, bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai berkonsultasi, mengonsumsi obat hingga menjalani diet.

Namun, berenang secara teratur terbukti dapat membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Berdasarkan jejak pendapat YouGov, sebanyak 1,4 juta orang dewasa di Inggris telah menemukan bahwa berenang memiliki efek positif pada kecemasan atau depresi mereka.

Hampir setengah juta orang dewasa Inggris yang berenang dan memiliki masalah kesehatan mental menyatakan bahwa berenang secara teratur membantu mengurangi mengunjungi tenaga medis untuk membahas kesehatan mental mereka.

Sekitar 3,3 juta orang Inggris berusia di atas 16 tahun yang memiliki masalah kesehatan mental berenang setidaknya sekali setiap dua sampai tiga minggu.

Saat ditanya bagaimana berenang mempengaruhi kondisi mental mereka, 43% perenang menyatakan bahwa berenang membuat mereka merasa lebih bahagia, 26% mengatakan membuat mereka merasa lebih termotivasi dan 15% mengatakan bahwa berenang membuat mereka lebih mudah untuk mengatasi kehidupan sehari-hari.

"Kita semua tahu bahwa melakukan aktivitas fisik seperti berenang itu baik untuk tubuh kita. Tetapi kesehatan fisik dan mental kami terkait erat dan kami tahu dari program Get Set to Go kami sendiri bahwa menjadi aktif secara fisik juga dapat sangat bermanfaat bagi kesehatan mental kami. Jika Anda lebih aktif pada usia tua, ada kecenderungan ke arah tingkat depresi yang lebih rendah," kata Harley Jarvis selaku head of physical activity for mental health charity mind.

Ian Cumming selaku chair of the swimming and health commission menjelaskan bagaimana berenang bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Menurutnya aktivitas fisik dalam bentuk apa pun dapat memiliki dampak positif pada kesehatan mental seseorang. "Tetapi berenang itu unik karena daya apung air memastikan semua orang dapat mengambil bagian dengan kecepatan yang sesuai dengan mereka," jelas Ian seperti dilansir Independent.

"Ini sangat bagus untuk orang-orang dengan gerakan terbatas. Penelitian menunjukkan bahwa hanya berada di air dapat memulihkan, terutama berenang di luar," tambahnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4139 seconds (0.1#10.140)