Empat Tips Merawat Item Fashion Berbahan Kulit

Kamis, 25 Oktober 2018 - 08:29 WIB
Empat Tips Merawat Item Fashion Berbahan Kulit
Empat Tips Merawat Item Fashion Berbahan Kulit
A A A
JAKARTA - Baik di dalam maupun di luar negeri, kulit merupakan salah satu bahan yang sangat digemari di industri fashion. Bukan hanya memberikan kenyamanan dan kehangatan di saat dingin, kulit merupakan bahan yang sangat diminati lantaran sifatnya yang fleksibel, tahan lama dan tampak luks.

Sering kita jumpai sepatu, tas hingga pakaian maupun jaket memiliki bahan dari kulit. Mengenai harganya cukup bervariasi, semua tergantung dari kualitas dan jenisnya. Akan tetapi, bahan kulit yang sering dijumpai di pasaran dan banyak digemari adalah bahan dari kulit sapi.

Permasalahan yang sering dijumpai terhadap item fashion berbahan kulit adalah proses perawatannya. Sebagaimana kulit manusia, produk berbahan kulit juga membutuhkan perawatan ekstra agar tetap terjaga kualitas serta ketahanannya.

Hal tersebut sebagaimana yang sering dijumpai oleh Direktur Pressto Laundry Indonesia, Regiana Widjaja. Menurutnya, banyak pelanggannya yang datang ke outlet Pressto dengan sepatu, tas, dan jaket kulit kesayangannya. "Mereka mengeluhkan hal yang sama, yaitu proses perawatan yang gampang-gampang susah, terutama proses pembersihannya," sambungnya.

Berbekal dari pengalaman menangani produk fashion berbahan kulit, Pressto Laundry Indonesia mencoba untuk berbagi tips menarik untuk Anda.

1. Bersihkan langsung ketika terkena noda
Apabila sepatu, tas, atau pakaian kulit Anda terkena noda, langsung saja bersihkan dengan spons basah atau dengan busa sabun. Jangan menunda-nunda pekerjaan ini karena noda akan menjadi permanen apabila sudah terlalu lama melekat pada kulit. "Umumnya noda di bahan kulit tidak bisa dibersihkan langsung dengan air atau terkena kontak langsung terlalu lama dengan air. Ada banyak resiko apabila dilakukan pembersihan dengan air, mulai dari luntur hingga pengelupasan. Di Pressto kami memroses bahan kulit dengan menggunakan busa dan mesin hidrokarbon untuk proses pembersihan tanpa air," terang Regiana.

2. Hindari penyikatan atau pengucekan
Kulit sangat rentan dengan gesekan atau benda kasar. Ketika membersihkannya, sepatu, tas atau pakaian kulit tidak perlu disikat atau dikucek karena dapat berakibat pada pengelupasan.

3. Jangan dijemur langsung di bawah terik matahari
Seperti halnya kulit, panas dari sinar matahari dapat membuat kulit kering dan berujung pada pengelupasan. Untuk mengeringkan produk berbahan kulit, cukup letakkan saja di atas handuk kering dan diangin-anginkan.

4. Simpan di tempat yang kering dan sejuk
Pastikan sepatu, tas dan pakaian kulit Anda sudah kering sepenuhnya sebelum disimpan. Jauhkan produk berbahan kulit ini dari tempat yang lembab karena akan merangsang pertumbuhan jamur. Regiana mengungkapkan bahwa keluhan yang sering diterima dari pelanggan adalah noda jamur yang ada di tas dan jaket mereka. "Apabila jamur sudah berkembang, tidak ada acara untuk membersihkan secara menyeluruh. Satu-satunya jalan untuk menutupi dan menyamarkan noda jamur pada koleksi kulit Anda adalah dengan re-coloring atau pewarnaan kembali," paparnya.

Regiana mengingatkan agar tetap menjaga koleksi produk fashion berbahan kulit melalui perawatan dengan metode yang sangat jitu. "Jangan sampai koleksi kesayangan Anda rusak karena penanganan yang tidak tepat karena koleksi ini adalah bagian dari investasi Anda," tegasnya sembari melanjutkan jika perusahaan yang dipimpinnya menawarkan layanan yang aman, bersih dan berkualitas untuk perihal tersebut.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5039 seconds (0.1#10.140)