Ini Manfaat Penting dari Memeriksa Tekanan Darah di Rumah

Sabtu, 27 Oktober 2018 - 04:32 WIB
Ini Manfaat Penting...
Ini Manfaat Penting dari Memeriksa Tekanan Darah di Rumah
A A A
JAKARTA - Hipertensi merupakan penyakit yang dapat membunuh secara diam-diam karena tidak menunjukkan gejala, sehingga orang yang memiliki hipertensi tidak menyadari kerusakan yang terjadi pada organ-organ internal penting. Hipertensi dapat mengakibatkan stroke, serangan jantung dan kerusakan organ penting internal seperti ginjal.

Tidaklah mengherankan bahwa hipertensi merupakan penyebab nomor satu kematian di seluruh dunia. Sayangnya, hanya 50 persen orang yang menderita hipertensi menyadari bahwa mereka mengidap penyakit tersebut dan bahwa serangan jantung serta stroke dapat dicegah jika hipertensi telah dideteksi dan diobati tepat waktu.

Menurut data May Measurement Month 2017 yang mengukur tekanan darah 72.006 masyarakat Indonesia di 34 provinsi selama Mei 2017, menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang dewasa dengan rerata usia 41 tahun mengalami peningkatan tekanan darah, dan 1 dari 6 orang sudah mengonsumsi obat penurun tekanan darah.

Selain itu, 1 dari 10 orang baru kali pertama mengetahui bahwa tekanan darahnya di atas normal. Untuk mendeteksi kondisi awal yang dapat mengakibatkan stroke dan penyakit jantung, mengadopsi gaya hidup sehat serta pemeriksaan tekanan darah secara rutin di rumah, bahkan di tempat kerja sangatlah penting.

Namun bagi masyarakat, pada umumnya pemeriksaan tekanan darah biasa dilakukan hanya ketika mereka ke dokter dan hal ini dapat terjadi hanya beberapa kali dalam setahun. Karena itu, tidak mengherankan jika banyak masyarakat yang terkejut saat mengetahui mereka memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi baik ketika mereka mulai memeriksa tekanan darah secara rutin atau tidak merasakan gejala tekanan darah tinggi. Para dokter dan assosiasi hipertensi saat ini merekomendasikan melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin di rumah untuk mengendalikan hipertensi.

Selain efektivitas, efisiensi dan hemat biaya, melakukan pemeriksaan tekanan darah sendiri di rumah secara rutin sangat berguna karena beberapa alasan. Hal ini dapat memberikan gambaran pola tekanan darah sehari-hari dibandingkan jika tekanan darah lebih tinggi ketika berada di klinik daripada di rumah (karena sindrom white coat), perhatikan bagaimana konsumsi obat dan perubahan gaya hidup dapat memberikan hasil yang efektif. Bagi beberapa orang, menggunakan alat pengukur tekanan darah di rumah untuk memonitor tekanan darah membantu mengendalikan kondisi mereka.

Pemeriksaan tekanan darah di rumah juga dapat memberikan gambaran tekanan darah secara lebih komprehensif setiap hari yang sangat berguna bagi dokter dan suster yang memeriksa Anda.

"Angka tekanan darah dapat berubah setiap jam dan setiap hari tergantung pada beberapa faktor. Beberapa orang tidak menyadari bahwa tekanan darah di pagi hari dapat berbeda secara signifikan dibandingkan pada malam hari atau ketika Anda ke dokter," kata Marketing Director Omron Healthcare Indonesia, Yoshiaki Nishiyabu melalui keterangan pers kepada SINDOnews.

"Dengan menggunakan alat pengukur tekanan darah yang akurat di rumah, masyarakat dapat mendeteksi dan memonitor perubahan angka tekanan darah mereka," imbuhnya.

Lebih lanjut, Yoshiaki mengutarakan bahwa pemeriksaan tekanan darah di rumah sangat mudah. "Pada kenyataannya, pemeriksaan tekanan darah dapat dilakukan dengan mudah di rumah menggunakan alat pengukur tekanan darah digital modern yang tersedia saat ini," tandasnya.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9284 seconds (0.1#10.140)