Greenfields Hadirkan Susu dengan Kualitas Terbaik

Jum'at, 23 November 2018 - 10:35 WIB
Greenfields Hadirkan Susu dengan Kualitas Terbaik
Greenfields Hadirkan Susu dengan Kualitas Terbaik
A A A
MALANG - Susu menjadi salah satu sumber energi yang kaya akan gizi dan memiliki peran penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anggota keluarga, khususnya bagi anak-anak yang sedang dalam masa tumbuh kembang.

Tentu yang dibutuhkan susu dengan kualitas terbaik. Sadar akan hal itu, PT Greenfields Indonesia berusaha memenuhinya. Dimulai dengan memilih jenis sapi hingga pengemasan susu yang membuat susu memiliki kualitas terbaik, sehat dan tentunya terjaga keamanan susunya.

Untuk mendapatkan hasil susu sapi perah dengan kualitas tinggi, Greenfields mendatangkan sapi perah jenis holstein dan Jersey dari Australia. Dibandingkan sapi lokal, sapi perah luar negeri mampu menghasilkan jumlah susu yang lebih banyak sehingga dapat digunakan untuk produksi dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Tidak semua sapi menghasilkan jumlah susu untuk sekala besar. Jadi, dipilih sapi dengan kualitas banyak. Jadi puluh sapi holstein asal Belanda tapi banyak dikembangin di Australi, sapi jersey dari Inggris. Di Indonesia nggak ada sapi perah. Sapi lokal hasil susunya habis untuk anak, kalo sapi holstein masih ada sisa susunya yang bisa kita gunakan untuk produksi. Kita juga pilih impor sapi dari Austalia karena dekat," kata Darmanto Setyawan selaku Head of Dairy Manufacturing - Southeast Asia, PT. Greenfields Indonesia saat kunjungan ke pabrik susu dan peternakan Greenfields Indonesia di Malang, Jawa Timur, Kamis (22/11/2018).
Greenfields Hadirkan Susu dengan Kualitas Terbaik

Darmanto menjelaskan, sapi-sapi perah tersebut dikembangbiakkan secara lokal di peternakan Greenfields yang berlokasi di dataran tinggi di Malang dan Blitar, Jawa Timur. Proses pemerahan dilakukan secara otomatis tanpa campur tangan manusia.

"Sapi-sapi kita berikan makan yang terbaik, karena dari pakan bisa mempengaruhi kualitas susu. Kita berikan nutrisi yang baik. Kita treatment sebaik mungkin. Lingkungan juga mempengaruhi. Kalo stres, sapi nggak hasilin susu yang bagus. Makannya, kita kasih kasur biar nggak stres sapinya," jelasnya.

Pengoperasian peternakan dan pabrik susu Greenfields dilakukan secara terintegritas sehingga terkontrol menyeluruh dapat dilakukan untuk menentukan kualitas susu. Proses kontrol mulai dari jenis sapi perah berkualitas tinggi, proses pemerahan otomatis tanpa campur tangan manusia, proses pasteurisasi dan proses pengemasan secara otomatis hingga sampai ke tangan konsumen.

"Pemeliharaan sapi perah, sapi menghasilkan susu, susu didinginkan, dimasukan tangki dikirim ke pabrik, susu masukin pasterisasi, sterilisasi, dikemas dan sterilisasi, kemasan secara higienic dan aseptik. Semua dilakukan secara otomatis. Kita mengatur dan mengontrol melalui komputer," kata dia.

Darmanto menambahkan, semua produk susu dan olahan susu greenfields diproduksi hanya dari susu segar dan murni yang berasal dari peternakan sendiri. Hal ini membuat Greenfields menghasilkan susu yang berkualitas.

"Kita mengontrol dari peternakan, dari hulu ke hilir jadi kita bisa kontrol kualitas prodak kita. Standar SNI masih dibawah internasional sehingga bisa kita jamin susu Greenfields standar internasional. Susunya dari peternakan, hanya susu segar. Bisa diliat di produk UHT lainnya. Fresh milk murni susu tapi susu dengan rasa pake susu bubuk dan tambahan gula," ungkapnya.

Hingga saat ini, Greenfields Indonesia menghasilkan susu dan beragam produk olahan susu. "Kita fokus produk susu dan turunannya. Ada yogurth dan keju juga," tandasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4337 seconds (0.1#10.140)