Pintar Memilih Makanan Sehat

Senin, 26 November 2018 - 08:25 WIB
Pintar Memilih Makanan Sehat
Pintar Memilih Makanan Sehat
A A A
Apa itu makanan sehat? Menurut Nutrisionis Alvin Hartanto, sebenarnya semua makanan menyehatkan. Hanya, dia mengkategorikan makanan sehat dan tidak sehat berdasarkan jumlah kalorinya. Makanan yang tidak sehat lazimnya berkalori tinggi sekali namun nutrisinya tidak ada.

Nah, untuk Anda yang ingin menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat seperti Alvin, tips-tips berikut ini wajib disimak.

1. Pilih makanan beragam yang kaya gizi. Ambil contoh, ketika menyantap junk food, kita memakan kentang goreng yang memiliki 450 kalori. Sebenarnya jumlah kalori tersebut sama besarnya dengan kita memakan nasi, ayam panggang, sup ayam, plus buah. Bila dibandingkan, tentu makan nasi dan lauk-pauknya lebih sehat daripada hanya makan kentang goreng. Terlalu banyak makan kentang goreng tidak baik. Karbohidratnya akan membuat tubuh lemas dan cepat lapar.

2. Pilih makanan natural yang berasal dari hewan dan tumbuhan. Yang dimaksudkan di sini adalah bahan makanan seperti daging dan sayuran. Bisa juga telur dan yoghurt. Meskipun yoghurt telah mengalami proses pengolahan di pabrik, tapi dia masih termasuk produk alami. Kalau produknya natural, sudah pasti berkalori rendah dan gizinya tinggi.

3. Hindari makanan atau minuman kemasan. Kalau tidak ada pilihan, jangan lupa untuk selalu membaca tabel nutrisi. Bila kandungan gulanya tinggi, sebaiknya jangan dikonsumsi. Sebab, dengan begitu kita seperti hanya meminum gula saja. Demikian pula jika si makanan atau minuman berkalori tinggi, sebaiknya hindari.

4. Untuk menjaga berat badan atau ketika ingin menurunkan berat badan, kita harus selalu memantau nutrisi yang terkandung. Meskipun itu bukan makanan kemasan, kita masih bisa mengecek kandungan nutrisi melalui internet. Harus diperhatikan protein yang masuk. Kebutuhannya untuk laki-laki dan perempuan berbeda. Setiap orang kebutuhan proteinnya juga berbeda, tergantung berat badan. Untuk mengetahui makanan sehat yang diperlukan untuk tubuh dengan tujuan tertentu, selalulah rajin mengecek kandungan nutrisinya serta jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Untuk kebutuhan makanan sehat, Hero Supermarket menyediakan aneka makanan, buah, dan sayur segar.
Pintar Memilih Makanan Sehat
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4554 seconds (0.1#10.140)