Seperti Apa Sepak Terjang dan Perjalanan Karir Gadis Disney Ini

Minggu, 02 Desember 2018 - 12:42 WIB
Seperti Apa  Sepak Terjang dan Perjalanan Karir Gadis Disney Ini
Seperti Apa Sepak Terjang dan Perjalanan Karir Gadis Disney Ini
A A A
VANESSA Hudgens adalah aktris berbakat. Selain memiliki kemampuan akting, bintang serial film High School Musical (HSM) ini piawai menari dan menyanyi.

Perempuan bernama lengkap Vanessa Anne Hudgens ini lahir pada 14 Desember 1988 di Salinas, California, Amerika Serikat. Dia tinggal bersama orang tuanya di sepanjang Pantai Barat, Southern California. Jika diperhatikan, wajah Vanessa cukup eksotis khas perempuan Asia.

Hal ini karena ayahnya, Gregory Hudgens, adalah keturunan Irlandia dan penduduk Asli Amerika. Sementara ibunya, Gina Hudgens, berasal dari Manila, Filipina. Vanessa tertarik berakting, menari, dan menyanyi pada usia muda.

Dia terinspirasi oleh kakek-neneknya yang musisi. Pada usia 8 tahun dia mulai tampil di teater musikal. Mulai tahun 1998 Vanessa tampil di teater musikal sebagai penyanyi, dan muncul dalam produksi lokal Carousel, The Wizard of Oz, The King and I, The Music Man, dan Cinderella .

“Saya jatuh cinta lebih dalam dengan seni dan mulai belajar akting, bernyanyi, dan menari lebih serius dengan Jailyn Osborne,” ujar Vanessa, seperti dilansir dari D ailymail.co.uk . Dua tahun setelah kariernya di panggung drama dan musikal, Vanessa mulai mengikuti audisi untuk iklan dan acara televisi.

Keluarganya pindah ke Los Angeles setelah ia mendapatkan peran dalam iklan televisi. Karier aktingnya dimulai pada usia 15 tahun, dan dia sebentar menempuh pendidikan seni Sekolah Tinggi Seni Orange County. Dia belajar melalui metode homeschooling dengan tutor agar lebih fokus berkarier.

Vanessa memiliki peran akting pertamanya dalam sebuah episode sitkom berjudul Still Standing. Dia juga sempat muncul di episode Robbery Murder Division pada 2002 yang ditayangkan oleh CBS. Pada 2003 Vanessa membuat debut teatrikalnya dalam film drama berjudul Thirteen.

Film ini cukup sukses secara komersial karena menghasilkan USD10 juta (Rp150 miliar) di seluruh dunia. Kesuksesan film ini membawanya mendapatkan peran Gabriella Montez dalam serial film High School Musical (HSM ).

Serial film ini ditayangkan oleh Disney Channel Original Movie. Dalam serial film ini, Vanessa memerankan gadis baru di sekolah menengah yang jatuh cinta kepada kapten tim bola basket. Keduanya kemudian mengungkapkan semangat untuk bernyanyi dan audisi untuk sekolah.

Vanessa pun sukses beradu akting dengan Zac Efron dan Ashley Tisdale. Serial film ini berhasil meraih kesuksesan yang gemilang. HSM adalah film Disney Channel yang paling banyak ditonton pada tahun 2006 dengan 7,7 juta pemirsa dalam siaran perdananya di AS.

Di Inggris, film ini disaksikan 1,2 juta orang. Pada 29 Desember 2006 film ini menjadi yang pertama dari Disney Channel Original Movie yang disiarkan di BBC. Pada 2007 sekuel kedua HSM dirilis. Penayangan perdana ini dilihat oleh total lebih dari 17,2 juta pemirsa di AS.

HSM 2 bahkan memenangi penghargaan So Hot Right Now di Nickelodeon Australian Kids ‘Choice Awards 2007. Vanessa melanjutkan untuk memerankan kembali perannya sebagai Gabriella di sekuel HSM 3: Senior Year pada 2008.

Film yang dibuka di nomor satu di box office Amerika Utara ini menghasilkan USD42 juta (Rp630 miliar) pada akhir pekan pertama. “Film ini selesai dengan USD252 juta (Rp3,7 triliun) di seluruh dunia, yang melebihi harapan kami,” ujar Vanessa.

Mengikuti kesuksesan film, HSM juga menghadirkan lagu yang menjadi hits di kalangan anak muda kala itu. Lagu Breaking Free , yang merupakan lagu duet Vanessa dengan Zac Efron, tampil di 10 besar tangga lagu Billboard Hot 100.

Vanessa pun mulai mengerjakan album solo debutnya berjudul “V”, dirilis pada 26 September 2006. Album ini terjual 34.000 kopi dalam minggu pertama rilis, dan memulai debutnya di nomor 24 di Billboard 200 chart di Amerika Serikat.

Dua tahun berikutnya dia meluncurkan album kedua berjudul “Identified”. Album ini terjual 22.000 kopi dalam minggu pertama. Sempat mengawali karier akting di bidang teater, pada 2010 Vanessa kembali ke panggung pentas.

Dia kembali ke produksi teater dan membintangi drama musikal sekaligus tari berjudul Rent. Selama hampir dua puluh tahun, yakni dari 1998 hingga 2018, dia telah tampil di 16 pertunjukan teater yang melibatkan kemampuan akting, menari, dan menyanyi.

Selama kariernya terjun di dunia akting, perempuan yang kini berusia 30 tahun ini telah membintangi 18 judul film dan 19 serial televisi. Dia juga telah menghasilkan dua album musik dan dua konser tur.
(don)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5840 seconds (0.1#10.140)