Makanan Sehat untuk Diet Tepat

Minggu, 02 Desember 2018 - 13:58 WIB
Makanan Sehat untuk Diet Tepat
Makanan Sehat untuk Diet Tepat
A A A
Chrisny Carol, seorang praktisi weight loss, berbagi tips menjaga tubuh tetap sehat dan seiimbang dengan mengonsumsi makanan cukup gizi, dan kaya serat berikut ini.
1. Apel. Banyak orang yang mengandalkan apel sebagai makanan untuk diet. Buah berwarna merah atau hijau ini memang memiliki kandungan zat gizi yang baik dan mampu membantu usaha Anda dalam menurunkan timbangan berat badan. Dalam satu buah apel ukuran kecil atau sekitar 85 gram, hanya terkandung 50 kkkal kalori dengan 12 gram karbohidrat. Sementara serat yang terkandung di dalamnya adalah serat larut air yang ampuh membuat Anda tahan lapar lebih lama. Sehingga, Anda bisa jadikan apel sebagai selingan di sela-sela waktu makan supaya mencegah Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan.
2. Brokoli. Brokoli bisa Anda andalkan sebagai salah satu makanan untuk diet. Pasalnya, makanan ini memiliki kalori yang rendah, tetapi kaya akan vitamin, serat, serta mineral. Satu gelas yang penuh dengan brokoli mengandung 30 kkal kalori. Sementara itu, brokoli mengandung vitamin C, vitamin K, dan vitamin A yang tinggi. Untuk kandungan serat, brokoli memiliki serat sebanyak 5 gram yang dapat membantu Anda kenyang seharian.

3. Oatmeal. Oatmeal bisa dibilang makanan untuk diet yang wajib ada setiap hari dalam menu Anda. Pasalnya, mengonsumsi oatmeal telah terbukti dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah studi yang berasal dari University of California, Amerika Serikat, yang dilakukan selama enam tahun ini telah membuktikannya. Dalam penelitian tersebut diketahui kalau orang yang selalu sarapan dengan oatmeal memiliki indeks massa tubuhnya lebih rendah ketimbang orang yang tidak sarapan sama sekali dan kelompok orang yang sarapan dengan menu lain.

4. Putih telur. Putih telur adalah lauk yang tinggi protein tapi rendah lemak, sehingga cocok dijadikan sebagai makanan untuk diet Anda. Dalam 100 gram putih telur saja terdapat protein sebanyak 10,9 gram. Sementara, untuk lemaknya hanya ada sekitar 0,17 gram. Karena rendah lemak, Anda tak perlu khawatir makanan ini akan menambah tumpukan lemak di dalam tubuh. Ditambah lagi, makanan untuk diet ini tidak punya nilai indeks glikemik, karena tak memiliki kandungan karbohidrat, sehingga penderita diabetes bisa dengan aman mengonsumsi putih telur.

5. Ikan. Bila Anda ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk mengonsumsi ikan lebih banyak. Ikan cenderung mengandung lemak baik yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Tidak seperti daging, ikan punya jenis lemak Omega 3 yang baik untuk kesehatan otak. Biasanya, lemak ini ada di dalam ikan perairan laut dalam seperti salmon, tuna, dan makarel. Selain itu, sebuah penelitian yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwa orang yang menu makan malamnya adalah ikan, cenderung memiliki asupan 11% lebih rendah ketimbang orang yang makan daging.

6. Sup. Tak hanya hangat di perut, sup juga bisa bikin Anda kenyang lebih lama. Faktanya, hal ini telah dibuktikan dalam sebuah studi yang dilaporkan dalam jurnal Obesity of Research. Pada studi ini diketahui bahwa mengonsumsi sekitar 300 ml sup kaldu dalam dua kali sehari, bisa membuat berat badan lebih mudah turun. Sup semakin baik dijadikan makanan untuk diet jika ditambahkan berbagai jenis sayuran di dalamnya. Tentu, makanan tersebut jadi sangat cocok dikonsumsi saat Anda sedang diet ketat dan tentu tidak bikin diabetes tak terkendali. Semua makanan sehat untuk diet bisa Anda dapatkan di Hero Supermarket terdekat.
Makanan Sehat untuk Diet Tepat
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5070 seconds (0.1#10.140)