Bunda, Ini Efek Makan Ikan Setiap Hari

Kamis, 03 Januari 2019 - 15:28 WIB
Bunda, Ini Efek Makan Ikan Setiap Hari
Bunda, Ini Efek Makan Ikan Setiap Hari
A A A
JAKARTA - Ikan menjadi salah satu makanan sehat. Namun, dokter merekomendasikan untuk mengkonsumsinya 2-3 kali per minggu untuk mendapatkan manfaat kesehatan tanpa risiko keracunan merkuri.

Makan beberapa ikan dinilai dapat memberi awal yang baik dan memberi banyak nutrisi penting, plus protein dan lemak sehat. Namun, jika dikonsumsi setiap hari atau terlalu sering, hal itu memepengaruhi kesehatan, seperti mengalami keracunan merkuri yang menyebabkan gangguan neurodegenerative.

Merkuri adalah zat yang terbentuk secara alami dan tidak bermasalah dalam jumlah kecil. Namun, terlalu banyak dapat menyebabkan gejala meresahkan yang mempengaruhi anak-anak (lahir dan belum lahir) paling signifikan.

Keracunan merkuri akut dapat menyebabkan defisit neurologis permanen, termasuk keterlambatan perkembangan pada anak-anak. Masalahnya, tidak ada obat mengatasi ini, tetapi dapat dihentikan dengan menghilangkan sumber merkuri.

Secara umum, ikan yang lebih besar memiliki kadar merkuri yang lebih tinggi karena makan ikan berukuran yang lebih kecil, dimana masing-masing ikan kecil itu memiliki kadar merkuri lebih rendah. Mereka juga hidup lebih lama, selama waktu itu merkuri terus menumpuk. Ini adalah cara yang sama sehingga manusia bisa mendapatkan terlalu banyak merkuri jika mereka makan banyak ikan.

Adapun jenis ikan yang memiliki merkuri tinggi, seperti ikan todak, king mackerel, hiu, tilefish, orange roughy, marlin, dan bigeye tuna. Sementara, ikan dengan merkuri rendah, seperti salmon, udang, lele, nila, kerang, dan tiram.

Tetapi, Eric Eric, profesor epidemiologi dan nutrisi di Harvard School of Public Health mengatakan makan ikan setiap hari boleh saja, tetapi tidak untuk wanita hamil dan anak-anak.

Eric mengaku banyak manfaat konsumsi ikan. Antara lain peningkatan metabolisme, kualitas tidur, kualitas kulit, dan konsentrasi serta peradangan yang lebih rendah. Berikut beberapa manfaat makan ikan seperti dilansir foodprevent.

1. Dapatkan lemak baik
Ketika bicara daging merah yang terbaik adalah selalu memilih potongan yang paling ramping. Tetapi dengan ikan, Anda dapatkan jenis lemak yang paling sehat. Itu karena lemak ikan dalam bentuk asam lemak omega-3, atau lemak "baik".

Omega-3 berkontribusi pada fungsi optimal otak sebagai permulaan, tetapi juga memainkan peran penting dalam kesehatan jantung.

Konsumsi asam lemak omega-3 secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung atau stroke, dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri. Ini juga menurunkan trigliserida dan mengurangi tekanan darah.

2. Vitamin D
Ikan adalah sumber alami vitamin D. Tetapi banyak orang kekurangan D karena menghabiskan begitu banyak waktu di dalam ruangan. Karena vitamin D berperan penting bagi tubuh menyerap banyak nutrisi lain.

3. Melawan depresi

Para ilmuwan masih mencoba untuk menentukan alasannya bahwa ikan melawan depresi, tetapi jelas bahwa orang yang makan ikan paling banyak memiliki tingkat depresi yang lebih rendah. Mungkin saja pola makan sehat secara keseluruhan dikaitkan dengan suasana hati yang lebih baik, tetapi kita juga tahu bahwa asam lemak omega-3 dapat memengaruhi tingkat bahan kimia perasaan-enak, dopamin dan serotonin di otak.

Akhirnya, karena ikan secara alami dapat mengurangi depresi, makan ikan dapat meningkatkan aliran darah. Itu juga dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan memperlancar perubahan suasana hati.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6063 seconds (0.1#10.140)