5 Bahan Rumahan untuk Atasi Sakit Akibat Radang Usus Buntu

Rabu, 16 Januari 2019 - 10:30 WIB
5 Bahan Rumahan untuk Atasi Sakit Akibat Radang Usus Buntu
5 Bahan Rumahan untuk Atasi Sakit Akibat Radang Usus Buntu
A A A
JAKARTA - Usus buntu atau apendisitis merupakan kondisi medis yang menyakitkan di mana usus buntu menjadi meradang dan penuh dengan nanah. Penyakit ini bisa dialami oleh siapa saja, namun usia 10 dan 30 tahun merupakan kelompok yang paling rentan terserang usus buntu. Dokter tidak tahu apa yang sebenarnya menyebabkan usus buntu, namun diyakini bahwa penyumbatan pada lapisan usus buntu yang mengakibatkan infeksi menjadi penyebabnya.

Radang usus buntu biasanya menyebabkan rasa sakit di sekitar pusar dan kemudian perlahan-lahan melokalisasi perut bagian kanan bawah. Tanda-tanda dan gejala lain termasuk mual, muntah, kehilangan nafsu makan, diare, sembelit, ketidakmampuan untuk mengeluarkan gas, pembengkakan perut hingga demam derajat rendah. Biasanya rasa nyeri dapat menjadi lebih stabil dan parah seiring waktu.

Pada sebagian besar kasus, pembedahan diperlukan untuk mengangkat usus buntu yang meradang. Prosedur ini dapat dilakukan sebagai operasi terbuka atau melalui laparoskopi, operasi invasif minimal yang mengangkat organ yang terkena. Studi terbaru menunjukkan bahwa radang usus buntu yang tidak rumit atau radang usus buntu tanpa apendiks yang pecah, abses yang berisi nanah, atau peritonitis dapat diobati dengan antibiotik saja.

Untungnya, ada beberapa pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit yang menyertai radang usus buntu. Berikut obat rumahan untuk mengatasi radang usus buntu seperti dilansir dari Time Now News.

1. Bawang putih
Dikatakan bahwa sifat anti-inflamasi dari bawang putih dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh usus buntu. Oleh karena itu, makan 2—3 siung bawang putih setiap hari dapat membantu radang usus buntu Anda.

2. Jahe

Minum teh jahe segar dua hingga tiga kali sehari dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit sekaligus menyembuhkan gejala seperti mual dan muntah. Anda juga bisa memijat perut menggunakan minyak jahe selama beberapa menit.

3. Lemon

Air minum yang dicampur dengan jus lemon segar dan madu dapat membantu memerangi gangguan pencernaan dan sembelit. Ini juga akan memberi Anda penghilang rasa sakit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

4. Biji Fenugreek

Biji Fenugreek mengandung antioksidan dan senyawa antimikroba yang dapat membantu mencegah limbah usus dan kelebihan lendir dari penyimpanan, yang selanjutnya meningkatkan pencernaan dan mengurangi risiko sakit parah.

5. Kacang hijau

Kacang hijau merupakan salah satu pengobatan rumah yang paling tepercaya untuk radang usus buntu. Dikatakan bahwa mengkonsumsi 1 sendok makan kacang hijau tiga kali sehari secara teratur dapat membantu mengobati radang usus buntu.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3705 seconds (0.1#10.140)