Tak Perlu Keluarkan Biaya Mahal, Ini Cara Mudah Mengatasi Stes

Sabtu, 19 Januari 2019 - 18:16 WIB
Tak Perlu Keluarkan Biaya Mahal, Ini Cara Mudah Mengatasi Stes
Tak Perlu Keluarkan Biaya Mahal, Ini Cara Mudah Mengatasi Stes
A A A
JAKARTA - Menjaga pikiran tetap sehat itu penting agar terhindar dari stres. Sebab pikiran yang stres bisa berdampak buruk buat kesehatan. Tanpa perlu mengeluarkan uang sama sekali, ada beberapa cara hemat yang bisa dilakukan supaya pikiran tetap prima.

Cara-cara hemat ini bisa mulai terapkan saat bangun pagi. Kabarnya, seperti dilansir MoneySmart, memulai hari dengan benar menjadi kebiasaan baik yang membawa efek positif. Nah, kalau ingin merasakan dampak positif, mulai sekarang lakukan cara-cara hemat berikut ini!

1. Begitu bangun, minumlah air mineral
Cara hemat yang paling simpel kamu lakukan adalah minum air mineral begitu bangun di pagi hari. Seperti yang kamu tahu, tubuh kita itu terdiri dari 55 – 60 persen air. Makanya kita perlu memastikan tubuh kita tercukupi cairannya.

Itulah kenapa kita dianjurkan minum air mineral begitu bangun di pagi hari. Sebab selama tidur, kita kehilangan cairan cukup banyak. Lagi pula meminum air mineral juga mendorong peningkatan metabolisme.

Selain itu, minum air putih setelah bangun pagi dapat mengurangi keasaman pada lambung dan gejala mulas. Terus nih, pikiranmu bakal jernih setelah meminum air. Dengan begitu, kamu pun siap memulai hari tanpa beban di pikiran.
Tak Perlu Keluarkan Biaya Mahal, Ini Cara Mudah Mengatasi Stes

2. Latih pernapasan selama 1 – 2 menit
Cara hemat yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah melatih pernafasan selama 1 – 2 menit. Loh, ngapain melatih pernapasan? Bukannya bernapas itu hal yang alami kita lakukan ya?

Emang benar, kita secara alamiah bernapas. Namun, penelitian menunjukkan bahwa kecemasan hingga depresi bisa berkurang dengan mengubah pola pernapasan kita. Gak cukup sampai di situ, energi, konsentrasi, dan sistem kekebalan tubuh bisa meningkat karena pola pernapasan.

Buat mengubah pola pernapasan ini, kamu cuma butuh melatih napas dengan cara: Berbaring telentang di alas yang datar dengan lutut ditekuk, letakkan satu tangan di dada dan satunya lagi di bawah rusuk supaya kamu bisa merasakan gerakan diafragma saat bernapas.

Kemudian, tarik napas perlahan-lahan dari hidung dan rasakan perut kamu naik. Kencangkan otot perut lalu berhenti sejenak, buang napas melalui bibir yang mengerut. Embuskan semua udara yang keluar dengan lembut dan lakukan selama 1 – 2 menit dan tarik napas selama 6 kali per menit.
Tak Perlu Keluarkan Biaya Mahal, Ini Cara Mudah Mengatasi Stes

3. Regangkan tubuh selama 2 – 3 menit
Cukup meregangkan tubuh selama 2 – 3 menit, kamu bakal merasakan dirimu lebih baik dan bikin tubuh berfungsi secara efisien. Peregangan tubuh merupakan cara hemat dalam berolahraga yang cukup efektif merilekskan otot-otot tubuh.

Meregangkan tubuh setelah bangun bisa mengurangi kekakuan sendi-sendi di tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah. Efeknya yang dirasakan nanti adalah fleksibilitas tubuh menjadi terjaga.

Apalagi meregangkan tubuh ini menjadi cara ampuh buat menjaga sistem saraf pusat terjaga dengan baik. Inilah alasannya pikiran ikut rileks setelah melakukan peregangan tubuh.
Tak Perlu Keluarkan Biaya Mahal, Ini Cara Mudah Mengatasi Stes
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7628 seconds (0.1#10.140)