Kebiasaan Sarapan Bernutrisi Tingkatkan Nilai Akademis Anak-anak

Sabtu, 23 Februari 2019 - 07:03 WIB
Kebiasaan Sarapan Bernutrisi Tingkatkan Nilai Akademis Anak-anak
Kebiasaan Sarapan Bernutrisi Tingkatkan Nilai Akademis Anak-anak
A A A
JAKARTA - Anak-anak yang memiliki kebiasaan mengkonsumsi sarapan benutrisi bisa meningkatkan nilai akademis 4 kali lebih tinggi dibandingkan yang tidak makan pagi. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Dr. dr. I Gusti Lanang SidiarthaSp. A (K) setelah melakukan penelitian mengenai pentingnya sarapan bagi anak-anak.

Dokter SpesialisAnak Konsultan Nutrisi dan Metabolikitu menjelaskan dalam jurnal penelitiannya yang berjudul ’’Kebiasaan Sarapan Pagi dan Performa Akademis pada Anak’’ memberikan efek positif bagi anak-anak. Menurutnya, efek positif dari sarapan bernutrisi pada anak, berperan dalam kemampuan kognitif, tingkah laku dan prestasi di sekolah. Kinerja kognitif ini terutama dalam hal daya ingat dan kemampuan memperhatikan pelajaran di kelas.

’’Ini tergambarpada rata-rata hasil akhir ujian dari seluruh mata pelajaran selama satu semester, dimana performa akademik 4 kali lebih tinggi dibandingkan anak tidak dengan kebiasaan sarapan bernutrisi,’’paparnya.

Pendapat mengenai pentingnya sarapan bagi anak-anak juga diungkapkan oleh ahli Neuroanatami dan Neurosains,Dr. dr. Taufiq Pasiak, M.Kes, M.Pd. ’’Konsumsi sarapan dapat memengaruhi kinerja kognitif dengan mengurangi rasa lapar,”ujarnya.

Sedangkan jika dilihat dari sisi gizi,dr. Raissa E. Djuanda, M. Gizi, Sp. GKmenambahkan bahwa untuk menjaga kadar metabolisme dan meningkatkan kemampuan kognitif anak, diperlukan nutrisi yang benar dengan jadwal yang tepat. Karena itu mengonsumsi sarapan bernutrisi sangat penting untuk memberikan energi yang cukup di pagi hari agar kinerja otak bisa maksimal. ’’Pilihlah menu sarapan dengan bijak misalnya berupa asupan yang mengandung serat pangan, vitamin, dan mineral,’’katanya.

Ketua UmumPengurus BesarIkatan Dokter Indonesia (PB IDI)dr. Daeng M Faqih, SH, MHdan Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia,Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, MSmengapresiasi Mayora Nutrition melalui Energenyang menggagas kampanye inspiratif untuk membangun kesadaran masyarakat melalui kampanye “Sarapan Bernutrisi” sejak tahun 2015 di setiap perayaan Pekan Sarapan Nasional. Sebab untuk membangun kesadaran masyarakat dibutuhkan proses edukasi yang berkesinambungan.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5989 seconds (0.1#10.140)