Demam Dilan 1991 Berujung Penetapan Dilan Day di Bandung

Senin, 25 Februari 2019 - 22:38 WIB
Demam Dilan 1991 Berujung Penetapan Dilan Day di Bandung
Demam Dilan 1991 Berujung Penetapan Dilan Day di Bandung
A A A
BANDUNG - Antusiasme publik untuk menonton film Dilan 1991 meningkat selepas peluncuran trailer film ini sejak pertengahan Januari 2019. Hal ini terlihat dari beberapa kesempatan meet n greet yang dilakukan selalu dihadiri secara masif oleh para pecinta Dilan.

Menyedot perhatian publik begitu besar, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menetapkan Hari Dilan atau Dilan Day pada 24 Februari 2019 di Kota Bandung. Tanggal tersebut merupakan hari bersejarah bagi pecinta film Indonesia terutama Dilanisme (sebutan penggemar Dilan). Penetapan Dilan Day pun ditandai dengan meresmikan satu lokasi sebagai salah satu pojok literasi yang dinamakan sebagai Sudut Film Dilan.

Masyarakat Bandung awalnya menyebut lokasi tersebut sebagai Taman Dilan, namun Kang Emil mengubahnya, karena menurutnya nama Sudut Film Dilan dirasa lebih sesuai dengan taman yang berlokasi disalah satu area di GOR Saparua. Peresmian Sudut Film Dilan merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap kesuksesan industri film, khususnya untuk film Dilan 1991 ini.

"Itu istilah saja. (Kalau) taman itu kan luas ada lapangan, gedung dan lainnya. Nah itu ada sudut literasi namanya Sudut Film Dilan dan itu masalah istilah saja sih," ungkap Kang Emil dalam siaran pers yang diterima SINDO, Senin (25/2).

Dengan adanya Sudut Film Dilan ini diharapkan bisa mengembalikan minat membaca masyarakat Indonesia, khususnya bagi warga Bandung. "Literasi kita kan buruk. Orang Indonesia kan budaya baca buku saja malas. Supaya kita bisa mengubah kebiasaan menjadi untuk bisa membuat tulisan. Sudut ini kan kurang termanfaatkan sehingga kita ingin mengubah jadi positif," tutur Kang Emil.

Pemeran Milea dalam film Dilan 1990 dan 1991, Vanesha Prescilla turut pula menyaksikan prosesi peletakan batu pertama Sudut Film Dilan. Menurutnya, lokasi itu jadi lokasi favorit yang akan dia kunjungi setiap ke Bandung. "Ini akan jadi destinasi tempat nongkrong baru dan ini akan jadi agenda aku kalau ke Bandung," ujar Vanesha.

Acara Dilan Day yang dipusatkan di kawasan Ciwalk Bandung tersebut diawali dengan pawai dari Gedung Sate yang melibatkan sejumlah komunitas seperti komunitas motor dan sepeda, yang seluruhnya dipasangi poster film Dilan 1991. Sementara para pengendaranya mengenakan kostum Dilan berupa jaket jeans khas yang digunakan Dilan dalam filmnya.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6441 seconds (0.1#10.140)