Yoga Asana Bantu Kontrol Gula Darah dan Turunkan Berat Badan

Senin, 04 Maret 2019 - 16:21 WIB
Yoga Asana Bantu Kontrol...
Yoga Asana Bantu Kontrol Gula Darah dan Turunkan Berat Badan
A A A
JAKARTA - Untuk penderita diabetes, berlatih yoga secara teratur dan mengadopsi kebiasaan gaya hidup sehat lainnya dapat membantu meningkatkan kontrol glukosa darah dan membantu penurunan berat badan.

Yoga telah dikaitkan dengan sejumlah besar manfaat kesehatan, yang berarti dapat melakukan lebih dari sekadar mengendurkan tubuh dan pikiran. (Baca juga: Redam Amarah dengan Mencari dan Mengenali Penyebabnya ).

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan yoga secara teratur dapat mengurangi risiko komplikasi kesehatan lain dari diabetes tipe 2, termasuk penyakit kardiovaskular. Ada yoga asana tertentu yang telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah. Yoga, yang diyakini sebagai alat yang efektif untuk menurunkan berat badan, mungkin bermanfaat untuk manajemen diabetes.

Salah satunya yoga sederhana supta baddhakonasana atau reclining bound angle pose, latihan yang dapat membantu menenangkan sistem saraf. Pose yoga ini juga mengurangi tingkat stres, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah. Juga diyakini bahwa pose ini membantu merangsang fungsi otot-otot ginjal, kandung kemih dan perut.

Dilansir Times Now News, yoga asana bekerja pada otot pangkal paha, otot panggul, penculik, dan psoas. Sementara, untuk melakukan gerakan ini cukup berbaring di matras yoga, tekan kedua telapak kaki secara bersamaan, rilekskan area di sekitar pinggul, letakkan tangan di sebelah pinggul dengan telapak tangan menghadap ke atas, usahakan tetap di posisi ini selama 10 menit.

Tarik napas dan hembuskan perlahan, biarkan paha Anda meregang, selanjutnya duduklah perlahan dan ulangi pose ini. Asana juga dapat membantu meningkatkan pencernaan dan meregangkan paha bagian dalam. Menjadikan yoga dalam rutinitas harian menjadi salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan. Diantaranya dapat membantu menurunkan berat badan, mengelola diabetes, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan latihan ini.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0724 seconds (0.1#10.140)