Gemma Chan Gadis Oriental Penakluk Hollywood

Jum'at, 05 April 2019 - 10:44 WIB
Gemma Chan Gadis Oriental...
Gemma Chan Gadis Oriental Penakluk Hollywood
A A A
GEMMA CHAN adalah aktris asal Inggris keturunan China yang semakin populer akhir-akhir ini. Wajah Orientalnya banyak menghiasi film-film box office beberapa tahun terakhir dan menaklukkan Hollywood.

Perempuan 36 tahun ini lahir di London, Inggris, tepatnya di Guy’s Hospital. Ayahnya dari Hong Kong dan bekerja sebagai insinyur. Sementara ibunya berimigrasi dari China bersama keluarga besarnya. Sang ibu meninggalkan negaranya melewati Hong Kong pada masa Revolusi Budaya sebelum menetap di Skotlandia.

Sementara, adiknya kini tinggal di Greenock, Skotlandia. Berbeda dengan Gemma yang bekerja sebagai aktris, adiknya bekerja sebagai apoteker di Guy’s Hospital. “Saya dibesarkan di dekat Sevenoaks, sebuah kota di Kent Barat, di Inggris Tenggara,” ujar Gemma, seperti dilansir dari People.com.

Gemma adalah sosok perempuan yang memiliki pendidikan tinggi. Dia pernah menempuh pendidikan di Newstead Wood School for Girls di Orpington, Bromley, London. Ia kemudian melanjutkan pendidikan jurusan hukum di Worcester College, Oxford. “Orang tua saya adalah orangorang yang luar biasa, praktis, masuk akal, dan harapannya adalah saya akan belajar sesuatu yang akademis,” ujar Gemma.

Setelah lulus, dia mendapatkan tawaran kontrak pelatihan sebagai lulusan di firma hukum Slaughter and May. Namun, dia akhirnya mengejar karier akting dan belajar di Drama Centre London.

Bakat aktingnya mendapat pengakuan dari produser film Inggris Damian Jones. Dia pun menandatangani kontrak dengan agen akting Nicki van Gelder. Gemma melakukan debut akting dengan membintangi drama miniseri When Evil Calls pada 2006 sebanyak 2 episode.

Tiga tahun kemudian dia tampil perdana di layar lebar lewat film Exam. Dia pernah memerankan sosok Mia Bennett di serial The Waters of Mars, dan penampilan bintang tamu sebagai Soo Lin di Sherlock pada 2010. Dia pun pernah mendapatkan peran pendukung sebagai Charlotte pada musim keempat seri Showtime dan ITV2 Secret Diary of a Call Girl dan Ruth di Channel 4’s Fresh Meat pada 2011.

Gemma juga muncul dalam film aksi-thriller Jack Ryan: Shadow Recruit, The Double, dan London Fields . Dia kemudian membintangi Belles familles yang disutradarai oleh Prancis Jean-Paul Rappeneau. Film ini ditayangkan perdana pada tahun 2015.

Gemma terus mendapatkan pengakuan atas perannya dalam film-film terkenal, termasuk film fantasi Fantastic Beasts & Where to Find Them pada 2016. Dia pun pernah tampil di Transformers: The Last Knight pada 2017. Sosoknya semakin populer ketika memerankan sosok Bess of Hardwick dalam drama periode sejarah Mary Queen of Scots. “Saya juga membintangi peran utama Anita/Mia di drama fiksi ilmiah AMC/Channel 4 berjudul Humans ,” ujar Gemma.

Pada tahun 2018 Gemma menerima pengakuan luas karena memerankan Astrid Leong-Teo dalam film komedi romantis berjudul Crazy Rich Asians. Diangkat dari novel populer karya Kevin Kwan, film yang disutradarai oleh Jon M Chu ini menceritakan kehidupan orangorang terkaya di Asia dari sudut pandang seorang wanita Asian American yang sederhana.

Di film ini Gemma memerankan sosok perempuan yang digambarkan memiliki kehidupan sempurna, tapi menyimpan masalah dalam rumah tangganya. “Ini adalah film yang telah saya tunggu sepanjang hidup saya. Tidak hanya sebagai aktor Asia, tetapi sebagai seorang gadis muda,” ujar Gemma.

Setelah Crazy Rich Asians, penampilan Gemma kembali terlihat dalam film Captain Marvel pada 2019 ini. Dalam film ini, dia berperan sebagai Minn-Erva, ilmuwan bangsa Kree yang tergabung dalam tim Starforce. Bisa bergabung dalam film superhero Marvel, sudah jelas menjadi sebuah pencapaian yang tidak main-main dalam karier akting Gemma di Hollywood.

Dengan kecantikan Orientalnya, Gemma kini pun sukses dikenal sebagai aktris Hollywood. Dia merupakan sosok yang produktif dalam berkarya. Dia telah membintangi 16 judul film dan 16 serial televisi. (Dwi Nur Ratnaningsih)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8334 seconds (0.1#10.140)