Film Battle of Surabaya Tayang di Theater Imax Keong Mas TMII

Sabtu, 06 April 2019 - 16:35 WIB
Film Battle of Surabaya Tayang di Theater Imax Keong Mas TMII
Film Battle of Surabaya Tayang di Theater Imax Keong Mas TMII
A A A
YOGYAKARTA - Film Battle of Surabaya produksi MSV studio Amikom Yogyakarta akan diputar di Theater Imax Keong Mas Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kepastian ini setelah, 26 Maret 2019 lalu, MSV Studio dan TMII melakukan penandatangan kerjasama (MoU) penayangan film tersebut. Pemutaran film akan berlansung selama satu tahun, yaitu mulai 20 April 2019-20 April 2020.

Film Bunle of Surabaya merupakan film animasi layar lebar pertama animator Indonesia. Film ini pernah ditayangkan di jaringan bioskop nasional pada 2015. Film ini telah menyabet 38 penghargaan dalam internasional, di antarannya best animation di Noida lnternasional Film Festival, New Delhi, India. Grand Prize Seoul International Cartoon And Animation Festival, Seoul, Korea. Best animation Berlin lntemational Filmmaker Festival Of World Cinema Berlin, Jerman, dan Best Animation Hollywood International Moving Pictures Film Festival.

CEO MSV Studio Amikom Yogyakarta Aryanto Yuniawan mengatakan, kerja sama tersebut antara lain lantaran film yang diputar di TMII selama ini belum pernah ganti, yaitu film Indonesia Indah 1 dan 2. Dari sini kemudian muncul terobosan baru mengenalkan budaya dan sosial Indonesia sekaligus untuk menarik pengunjung, di antaranya melalui film animasi.

"MSV studio sebagai studio animasi di Indonesia melihat ini sebagai kesempatan yang bagus untuk menanayakan film Battle od Surabaya. Ide ini disambut TMII dan dinilai pas untuk di putar di TMII," kata Aryanto Yuniawan soal rencana pemutaran film Battle of Surabaya di TMII di kampus Amikom Yogyakarta, Jalan Pajajaran, Condongcatur, Depok, Sleman, Jumat (5/4/2019).

Aryanto Yuniawan yang juga sutradara film Battle of Surabaya menyatakan penayangan film ini di Imax Keong Emas TMII bukan hanya sebuah apresiiasi yang sangat membanggakan. Namun juga menjadi tonggak penghargaan animasi Indonesia karena Keong Emas merupakan layar bioskop legendaris di Indonesia yang dikenal sangat selektif menayangkan film dan hanya film-film berkualitas tinggi dengan misi edukatif yang dapat ditayangkan di Keong Mas.

“Kerja sama pemutaan film ini akan mcnjadi penanda penting bagi pcnciptaan ekosistem industri animasi di Indonesia,” papar Aryanto.



Untuk itu berharap kerjasama ini akan berlanjut dengan berbagai kegiatan bersama guna memajukan industri animasi di Indonesia, sehingga ke depan akan semakin banyak film animasi Indonesia yang menghiasi layar bioskop.

Film Battle of Surabaya sendiri merupakan perpaduan cerita flksi dengan fakta sejarah. Ceria fiksi seorang anak penyemir sepatu yang menjadi kurir surat rahasia dipadu dengan fakta sejarah Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Pertempuran di Surabaya sendiri juga menjadi pertempuran fenomenal karena merupakan tonggak betapa kokohnya Republik Indonesia setelah diproklamasikan tiga bulan sebelumnya.

Film ini juga menonjolkan unsur paling penting dalam kehidupan, yakni kemanusiaan. Pesan yang termaktub dalam film ini sangat lugas, perang hanya akan membawa petaka bagi manusia. Penonton diharapkan menjadi lebih cinta kemanusiaan dan perdamaian karena pada hakikatnya dalam setiap perang tidak ada kemenangan, yang ada hanyalah penderitaan dan air mata.

Rektor Universitas Amikom Yogyakarta Prof Suyanto menambahkan terus akan mengembangkan dan meningkatkan kualitas film animasi. Selain akan memproduksi beberapa film animasi lagi,juga telah menjalin kerjasama dengan pelaku industri film Hollywood. Sehingga film buatan MSV studio standarnya Hollywood. [priyo setyawan]
(akn)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1822 seconds (11.252#12.26)