Karakter Marvel dan DC yang Pernah Mengenakan Infinity Gauntlet

Minggu, 28 April 2019 - 23:04 WIB
Karakter Marvel dan...
Karakter Marvel dan DC yang Pernah Mengenakan Infinity Gauntlet
A A A
JAKARTA - Avengers: Endgame sudah tayang di bioskop. Di film ini sejumlah benda dari Avengers: Infinity War dan film Marvel Cinematic Universe (MCU) sebelumnya pun kembali menjadi perhatian utama. Utamanya adalah Batu Keabadian dan Sarung Tangan Keabadian (Infinity Gauntlet).

Sarung Tangan Keabadian itu berfungsi sebagai tempat untuk menempatkan 6 Batu Keabadian. Saking kuatnya kekuatan batu itu ketika disatukan, maka mereka memerlukan sebuah sarung tangan yang sangat kuat. Di Infinity War, sarung tangan itu dibuat oleh Eitri, kurcaci di planet Nidavellir. Namun, sarung tangan itu pernah terlihat di ruang penyimpanan milik Kerajaan Asgard di Thor: Ragnarok. Hanya, Hela menyebut benda itu palsu.

Selama ini, Thanos dikenal sebagai satu-satunya orang yang pernah mengenakan sarung tangan kuat itu, utamanya di MCU. Thanos menggunakannya untuk melenyapkan separuh populasi dunia. Padahal, di dunia komik, sarung tangan itu sudah dipakai banyak karakter Marvel, dan bahkan sejumlah karakter dari dunia DC Comics. Siapa saja mereka? Dikutip dari ComicBook.com, berikut daftarnya. Sebagai catatan, artikel ini bukan artikel spoiler Avengers: Endgame.

1. Nebula
Thanos selalu menjadi penjahat yang sangat dekat diasosiasikan dengan Sarung Tangan Keabadian, tapi, Nebula adalah orang kedua yang sering diasosiasikan dengan benda itu. Ini karena Nebula mengambilnya tepat di hadapan ayah angkatnya itu. Setelah Thanos menyiksanya di serial asli Infinity Gauntlet, Nebulan berhasil mengenakan sarung tangan itu karena tekad bulat dan kecerobohan Thanos. Ini kemudian menciptakan musuh baru bagi para pahlawan Marvel dan Thanos. Pahlawan Marvel dan Thanos kemudian bersatu untuk mengalahkan Nebula.

2. Adam Warlock
Setelah Nebula, tokoh yang paling dikenal mengenakan Sarung Tangan Keabadian adalah Adam Warlock. Di cerita asli, dia berhasil mendapatkan Sarung Tangan Keabadian sebelum benda itu kembali ke tangan Thanos setelah direbut dari Nebula. Adam kemudian menjadi penjaga Sarung Tangan itu. Untuk memastikan Sarung Tangan Keabadian itu tidak bisa lagi dipakai, dia menciptakan Pengawas Keabadian dan memberikan tanggung jawab kepada masing-masing anggota dewan itu untuk mengawasi satu Batu Keabadian.

3. Magus
Sisi jahat Adam Warlock, Magus, sempat mengenakan Sarung Tangan Keabadian itu. Dia nyaris mewujudkan rencana menguasi dunianya. Sayang, dia meremehkan sesuatu saat sedang mewujudkan rencana itu. Ternyata, Adam dan Thanos tahu kalau mereka sedang diawasi Magus sehingga mereka berhasil mengganti Batu Realitas asli dengan yang palsu dan Magus tidak tahu. Jadi, begitu dia berusaha mengambil alih Keabadian dan Adam, mereka punya kekuatan yang terlalu besar baginya dan dia dikirim ke Batu Jiwa.

4. Silver Surfer

Silver Surfer selalu menjadi bagian penting dunia kosmik Marvel, tapi di cerita What If?, dia mendapatkan kesempatan untuk mengenakan Sarung Tangan Keabadian dan memperbaiki semesta. Dia berusaha melakukan yang terbaik seperti yang dilakukan pemakai sarung tangan itu dan untuk waktu singkat, dia berhasil. Sayang, dia akhirnya menyerah pada beban berat yang muncul dengan mengenakan Sarung Tangan itu dan nyaris dimakan benda itu sampai Shalla-Bal berhasil menaraiknya. Dia kemudian menyerahkan Sarung Tangan Keabadian itu.

5. Darkseid
Ini mungkin sebuah kejutan. Namun, ini bisa terjadi berkat crossover antara JLA/Avengers. Selama event epik ini, setiap artefak terkuat masing-masing semesta ini bersembunyi di kedua semesta, termasuk semua Sarung Tangan yang kuat. Entah bagaimana, seorang seberbahaya Thanos bisa menemukannya di diri penguasa Apokolips, Darksed, meskipun ada satu tangkapan besar. Karena ini tidak terjadi di semesta nyata, Sarung Tangan dan Batu Keabadian itu adalah coaster yang cukup cantik, dan itu bukanlah hal buruk. Bersama Thanos, kalian tidak ada, sementara Darkseid mungkin akan membuat Bumi menjadi sebuah planet buruk yang memuntahkan geyser.

6. The Flash
Darkseid bukan satu-satunya karakter DC yang sempat mengenakan Sarung Tangan Keabadian, meski singkat. Ini juga terjadi pada event crossover JLA/Avengers. Dalam cerita itu, Flash berlomba bersama Quicksilver untuk menghentikan Omega Beams yang berusaha menghancurkan Sarung Tangan Keabadian itu. Flash akhirnya mendapatkan sarung tangan itu meski tidak memakainya untuk waktu lama.

7. Mister Fantastic
Di cerita Fantastic Four versi Jonathan Hickman, terungkap bahwa di multiverse ada trio Penjaga yang menjaganya. Mereka ternyata tiga Reed Richards dari semesta berbeda. Itu cukup mengesankan, tapi tiap Reeds itu juga memiliki Sarung Tangan Keabadian, yang memperlihatkan kalau Reed mampu mengenakannya kalau dia memutuskan untuk melakukannya.

8. Doctor Doom
Doctor Doom beberapa kali memakai Sarung Tangan Keabadian, termasuk satu di cerita What If? yang mengungkap versi lain Secret Wars. Di versi ini, Doctor Doom menyadari kalau dia tidak bisa menyerap semua kekuatan Beyonders yang menyebabkannya kalah dari para pahlawan kesayangan kita untuk kali pertama. Di versi ini, dia memperbaiki kesalahannya dan menyerap seluruh kekuatan Beyonders. Setelah itu, dia mendapatkan semua yang dia inginkan. Yang kedua adalah ketika dia bertemu Dewan Reeds, yang masing-masing mengenakan Sarung Tangan Keabadian. Setelah sekarat akibat bertempur melawan Celestial, dia bertemu Reed dan akhirnya mencuri dua Sarung Tangan Keabadian. Di sini, dia juga tahu kalau Reeds telah menjaga Doom dari semesta lain dan berusaha membentuk sebuah dewan sendiri.

9. Spider-Man
Bahkan penembak jaring laba-laba ini pun pernah mengenakan Sarung Tangan Keabadian. Di Avengers and the Infinity Gauntlet, Spidey, Ms Marvel dan Wolverine terlibat pertempuran melawan Thanos dan di situlah Spider-Man merebut Sarung Tangan Keabadian itu. Berkat jaringnya yang kuat, dia mampu merebut Sarung Tangan dan Batu Keabadian dan mencegah pertempuran itu pecah dengan berharap Thanos tidak pernah mendapatkan Sarung Tangan Keabadian tersebut.

10. Captain America
Kalaupun ada yang bisa mengenakan Sarung Tangan Keabadian dengan sempurna, dia adalah Captain America. Masalahnya, masanya bersama senjata kuat itu tidaklah lama. Pada satu titik, Illuminati butuh orang untuk mengenakan Sarung Tangan Keabadian itu untuk menyelamatkan dunia dengan mencegah sebuah planet bertabrakan dengan Bumi. Captain America jelas adalah pilihan yang tepat. Captain America memang sukses menyelamatkan dunia, tapi di proses itu, hampir semua Batu Keabadian hancur. Hanya Batu Waktu yang tersisa.

11. Iron Man
Seperti Captain America, Iron Man mengenakan Sarung Tangan Keabadian karena dia harus menjaganya dari Hood. Begitu dia memilikinya, kekuatan itu memang menggodanya. Ini memberinya susunan kemungkinan yang bisa dia eksplorasi kalau dia mau. Namun, dia menyerahkan kekuatan itu sebelum dia melakukan apa pun yang bakal dia sesali. Tony Stark sebenarnya bisa saja membuat Sarung Tangan Keabadian ini jika dia mau.

12. Green Goblin
Di skenario lain What If? melibatkan Green Goblin mengenakan Sarung Tangan Keabadian di Spider-Man: Dark Reign. Ternyata, Norman Osborne adalah orang jahat dan melakukan hal-hal jahat dengan kekuatan yang sempat dia miliki secara singkat. Itu termasuk membuat Peter Parker menghidupkan kembali kematian Gwen Stacy. Kematian itu aslinya memang disebabkan karena ulah Goblin.

13. Hulk
Raksasa hijau ini sempat memegang Batu Keabadian di Ultimate Universe. Ini membuatnya menjadi pahlawan terkuat di gudang senjata Marvel. Selain itu, dia sempat mengenakan dua Sarung Tangan berbeda di cerita ini karena ada 8 Batu Keabadian di Ultimate Universe dan mereka membentuk satu Sarung Tangan untuk tiap tangan. Penting untuk diingat klaau dia hanya memegang 5 Batu di sini, tapi dia masih sangat kuat.

14. Black Panther
Sarung Tangan Keabadian memerankan peranan penting di sekuel Secret Wars dan saat itu benda itu dipakai Black Panther. Sarung Tangan kuat itu adalah satu-satunya cara untuk menghadapi God Doom, yang menggunakan kekuatan besarnya untuk membuat kerajaan yang dibuat dari sejumlah dunia. Black Panther dengan bantuan Namor berhasil mengenakan Sarung Tangan Keabadian untuk menghadapi Doom, meskipun dia dihajar dalam pertempuran itu.

15. Deadpool
Ini mungkin mengejutkan. Namun, Merc With a Mouth memang pernah mengenakan Sarung Tangan Keabadian selama satu menit untuk menghadapi Thanos. Thanos sebenarnya menyuruh Deadpool untuk membawa Sarung Tangan kepadanya, tapi ini adalah Deadpool. Dia memutuskan untuk tahu apa yang bisa dilakukan Sarung Tangan Keabadian itu dan menggunakan kekuatannya untuk membakar dirinya bersama seluruh pahlawan di Marvel Universe.

16. Sinterklas
Bukan hanya pahlawan dan penjahat yang bisa memakai Sarung Tangan Keabadian itu. Ikon Natal, Sinterklas, pun bisa memakainya. Sinterklas mengenakan Sarung Tangan itu sehingga dia bisa menjaga Natal dan memberikan hadiah kepada anak-anak. Semua berawal ketika Sinterklas sadar kalau rusa kutubnya adalah Skrull dan dia butuh kekuatan Batu itu agar hadiah-hadiahnya bisa dikirimkan. Illuminati benar untuk mengkhawatirkannya. Dia bisa menggila dengan seluruh kekuatannya itu. Beruntung ada bola salju dan Namor.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7056 seconds (0.1#10.140)