alexametrics

Ramadhan Jazz Festival (RJF) 2019 Digelar 17-18 Mei 2019

loading...
Ramadhan Jazz Festival (RJF) 2019 Digelar 17-18 Mei 2019
Ramadhan Jazz Festival (RJF) 2019 Digelar 17-18 Mei 2019
A+ A-
JAKARTA - Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) bekerja sama dengan WartaJazz kembali menggelar kegiatan tahunan Ramadhan Jazz Festival (RJF) 2019. Acara ini kembali digelar kesembilan kalinya untuk memeriahkan bulan Ramadhan 1440 H dengan mengusung tema Love Unites All dan tagline #EmbraceTogetherness serta membawa pesan cinta dan kedamaian untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Mundur ke 9 tahun yang lalu, RICMA mendapatkan tawaran WartaJazz dari sebuah celotehan di Twitter untuk bekerja sama dan menggarap kegiatan yang menyedot perhatian banyak anak-anak muda ini. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dakwah syiar masa kini sekaligus meningkatkan tali silaturahim dan menambah pengetahuan ke-Islam-an bersama.



Diharapkan pesan damai dan harmoni Ramadhan Jazz Festival dapat diterima tidak hanya oleh warga Jakarta, namun seluruh elemen masyarakat Indonesia dan dunia. Kegiatan ini akan digelar pada 17—18 Mei 2019 di Pelataran Masjid Cut Meutia Menteng dengan rangkaian acara yang akan dimulai setelah pelaksaan salat tarawih di Masjid Cut Meutia.

Beberapa rangkaian kegiatan dari Ramadhan Jazz Festival 2019 yakni program Pre Event bertajuk Intimate Jazz Night sebagai acara pembuka dari Ramadhan Jazz Festival, di mana dalam acara ini Ramadhan Jazz Festival 2019 akan memberikan pengalaman yang hangat dan intimate untuk para penikmat musik, serta untuk mengangkat social activity yang akan dijalankan pada Ramadhan Jazz Festival 2019 tahun ini.

Acara ini digelar pada 27 April 2019 di Greenhouse Co-working and Office Space dan Folia Restaurant, serta menghadirkan Ecoutez, Trisouls, Putri Delina, BID, dan Fadhilon serta special performance dari Yayasan Difable Action Indonesia. Selain itu terdapat social activity yang menjadi inti dari semua kegiatan Ramadhan Jazz Festival. Sementara, biaya masuk acara Ramadhan Jazz Festival akan dialokasikan sebagai donasi Social Activity.

Megusung tema #PahalaMengalir dan bekerjasama dengan Kitabisa.com di kegiatan sosial kali ini, masyarakat bisa berdonasi untuk memberikan alat bantu bagi para penyandang difabel yang membutuhkan alat bantu tersebut agar dapat menunjang aktivitas sehari-hari mereka.



“Ramadhan Jazz Festival memiliki keunikan tersendiri dari acara music lainnya. Agenda besar dari acara ini adalah untuk melakukan dakwah atau syiar agama Allah dengan cara yang lebih mudah diterima terutama oleh anak-anak muda. Selain itu juga, untuk masuk ke acara ini tidak memerlukan tiket masuk, tetapi kita mengajak masyarakat untuk melakukan donasi di mana tahun ini seluruh hasil donasi akan disalurkan kepada teman-teman difabel yang membutuhkan alat bantu untuk menunjang kegiatan sehari-hari
agar dapat beraktivitas layaknya teman-teman yang lain," kata Project Officer Ramadhan Jazz Festival 2019 Fahmi Dirgantara Ishadi.

“Alhamdulillah dapat menjadi sarana dakwah kekinian yang Insya Allah akan terus relevan dikalangan muda atau millenials. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan menebarkan manfaat dari kegiatan ini baik dari penyelenggara, penampil, pendukung ataupun penonton yang hadir ataupun yang menonton live streamingnya. Kekuatan RJF adalah pada pesan dakwah yang disampaikan dalam gaya dan cara yang tak biasa," ujar Artistic Director dan penggagas RJF Agus Setiawan Basuni.

Beberapa nama yang dipastikan akan tampil dalam Ramadhan Jazz Festival 2019 antara lain Andre Hehannusa, Maliq and The Essentials, Glenn Fredly, dan masih banyak lagi termasuk special guest Ramadhan Jazz Festival yang merupakan seorang international performer.

Berdasarkan catatan, donasi yang terkumpul dari kegiatan Ramadhan Jazz Festival 2018 sebanyak 75 kantung darah yang disalurkan kepada PMI, dan donasi uang mencapai Rp165 juta. Sekitar 70% donasi ini digunakan untuk membantu mengisi fasilitas tempat tinggal dan kesehatan pasien kanker di yayasan Cancer Information and Support Center (CISC), serta 30% disumbangkan kepada korban bencana alam di Banten, Palu dan Donggala.
(alv)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak