Angelababy, Kuasai Media Daring China

Sabtu, 04 Mei 2019 - 10:01 WIB
Angelababy, Kuasai Media Daring China
Angelababy, Kuasai Media Daring China
A A A
ANGELA YEUNG WING atau lebih dikenal dengan nama Angelababy mencuri perhatian dunia saat menjadi model sampul majalah Vogue pada April lalu.

Dengan tema “A Celebration of Global Talent: 14 Countries, 14 Superstars”, Vogue memilih Angelababy bersama 14 supestar dari berbagai negara lain. Angelababy mewakili China.

Dia menghiasi sampul majalah tersebut bersama Scarlett Johansson, Deepika Padukone, dan lain-lain. Pertanyaan pun merebak. Siapa Angelababy? Mengapa Angelababy? Apa yang membuatnya terpilih? Vogue menyebutnya sebagai “Kim Kardashian dari China”.

Wanita cantik ini memiliki jumlah follower yang sangat banyak di negaranya sendiri, serta menjadi sorotan internasional. Dia memiliki lebih dari 100 juta penggemar di Googleversi China Sina Weibo. Dia juga memiliki lebih dari 7 juta pengikut di Instagram.

Aktris yang baru berusia 30 tahun pada 28 Februari lalu itu memang rajin mem-postingapa pun. Sebelum menikah, postingannya banyak yang berisi tentang pesta glamor dan selfie dengan sejumlah binatang lucu, serta berbagai gaya pakaian, termasuk pakaian bermerek terkenal dan mahal.

Namun, sejak melahirkan anak pertama pada Januari 2017, posting-an Instagram-nya lebih dipenuhi oleh foto sang anak yang dipanggil dengan nama Little Sponge. Hanya, foto mode tetap tidak ketinggalan.

Walau agak berubah sedikit, mengikuti status baru dia sebagai seorang ibu. Dikutip dari Vogue, kehadiran Angelababy di media sosial (medsos) seakan tidak tertandingi. Namanya bersaing dengan Kim Kardashians, Kyle Jenner, dan keluarga model Hadid.

Di dunia nyata, Angela kerap tampil dalam sederet majalah ternama seperti Cosmopolitan, Marie Claire,dan Harper’s Bazaar. Dia juga berakting dalam banyak film dan drama China.

Adapun yang paling terkenal adalah reality show Running Man. Dilansir dari South China Morning Post, saat ini Angela menjadi salah satu aktris paling terkenal dan dengan bayaran tertinggi—menempati urutan kedelapan dalam Daftar Selebriti China versi Forbespada 2017.

Namanya juga muncul sebagai salah satu artis terbesar di China melalui survei yang dilakukan situs publikasi online Jing Dailyyang bekerja sama dengan konsultan global The R3 Celebrity Index.

Angela masuk dalam peringkat 20 influencer selebritas top dengan menggunakan data Fan Base Weiboyang membantu menghitung indeks aktivitas, adorable, dan pengaruh sosial. Lalu juga di berbagai media platform seperti Toutiao, Baidu, dan WeChat.

Secara keseluruhan, indeks Maret menampilkan nama Angelababy berjejer dengan sejumlah nama tokoh terkenal yang menjadi brand ambassador merek barang mewah seperti Jackson Yee (duta merek Bottega Veneta) dan Yixing Zhang (duta merek Valentino).

Selain itu, pada 2013 Angela pernah dipilih oleh Southern Metropolis Daily sebagai salah satu dari New Four Actresses. Pada 2016 dia memenangi Hundred Flowers Awarduntuk kategori aktris pendukung terbaik lewat perannya dalam film blockbuster, Mojin: The Lost Legend.

Berawal dari Iklan Lalu, dari mana semua ini berawal? Sebetulnya kehidupan Angela jauh dari dunia entertainment. Ia adalah anak hasil perkawinan beda negara.

Sang ibu berasal dari Shanghai, China, sementara ayahnya dari Hong Kong yang memiliki setengah keturunan Jerman dan setengah keturunan China. Angela pindah ke Hong Kong ketika berusia 13 tahun.

Di sinilah semuanya bermula. Dia terjun ke dunia iklan saat masih remaja. Dia menandatangani kontrak kerja sama dengan agensi Style International Management pada usia 14 tahun.

Namanya langsung mencuat dan tenar sebagai model di Hong Kong pada akhir dekade 1990-an. Mengapa memilih nama Angelababy? Angela menjelaskan, nama tersebut adalah kombinasi dari nama Inggrisnya, yakni Angela dan nama panggilannya sejak kecil, “baby” yang merujuk pada tubuhnya yang gempal bagaikan bayi.

Angela saat itu langsung menjadi bintang Tweet Love Storyseri webyang dipengaruhi medsos tempat para penggemar dapat men-tweet sesuai dengan yang dikatakan karakternya.

Konsep seperti ini sukses besar dan semakin memberi ruang bagi kerajaan internet Angelababy. Seperti Kim Kardashian West, Angelababy telah menjalani pemeriksaan kesehatan, berfoto untuk membuktikan penampilannya alami tanpa operasi plastik.

Berbagai brand barang mewah pun langsung mendatanginya. Dior telah meminta dirinya mengisi barisan depan dan baru-baru ini merancang gaun pengantinnya yang sederhana.

Lalu, ada Chaumet yang menjadi peng-endorsecincin pertunangan berlian 6 karatnya. Kesuksesan Angela di dunia daring dan statusnya sebagai aktris di China membuat pintu berkarier di Hollywood semakin terbuka lebar.Dia lantas mendapat kesempatan bermain bersama Liam Hemsworth dalam film laga Independence Day: Resurgence pada 2016. Kendati demikian, penampilan Angela di sampul majalah Vogue tadi menciptakan kontroversi tersendiri.

Dikutip dari Asia One, pengguna Weibo banyak yang mempertanyakan. Mereka menilai Angela tidak layak mewakili China untuk cover majalah tersebut. Namun, para penggemar sang artis justru memandang, pemilihan Angela itu didasarkan atas selera mode, serta namanya yang begitu menonjol di media daring.

Lalu, dari mana Angela mendapatkan minat yang begitu besar di dunia mode? Jawabnya adalah sang ayah. Ayah Angela diketahui menjalankan bisnis busana di Shanghai.

“Meskipun ayah menjual pakaian yang lebih dewasa, saya suka pergi ke tokonya dan mencoba pakaian baru, lalu mencampur serta mencocokkannya. Itu menyenangkan. Saya pikir itulah awal mula saya mengembangkan hasrat untuk mode,” ucapnya. Angela juga fasih berbicara empat bahasa, yakni Inggris, Mandarin, Shanghai, dan Kanton. (Susi Susanti)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3904 seconds (0.1#10.140)