5 Keterampilan yang Dibutuhkan Anak Sebelum Preschool

Sabtu, 04 Mei 2019 - 19:32 WIB
5 Keterampilan yang...
5 Keterampilan yang Dibutuhkan Anak Sebelum Preschool
A A A
JAKARTA - Ya, sangat penting untuk mempersiapkan anak untuk melakukan transisi penting dalam kehidupannya. Transisi itu dilakukan melalui preschool. Ini menjadi langkah pertama anak untuk mendapatkan pendidikan formal. Akan tetapi, apakah anak siap melakukannya?

Anda mungkin telah memilih taman bermain terbaik untuk sang buah hati, tetapi hal yang harus diperhatikan adalah kondisi dan perkembangan anak sebelum menjalani preschool dan itu menjadi sangat penting.

Agar orang tua lebih nyaman dan tidak terlalu khawatir melepas buah hatinya begitu saja, ada baiknya memerhatikan beberapa hal dasar sebelum Anda mengirimnya ke preschool. Seperti dilansir Times Of India, berikut ulasannya.

1. Independensi dengan keterampilan dasar
Anda mencintai anak Anda, tetapi Anda tidak akan berada di dekatnya ketika dia pergi. Jadi dorong dia untuk mandiri dengan keterampilan dasar perawatan diri, seperti mencuci tangan, menyeka hidung, membuka kotak makan siang, membuka ritsleting tas punggung dan menutup mulut saat batuk atau bersin.

2. Pelatihan toilet
Latih anak Anda sebelum Anda mengirimnya ke taman bermain. Anak Anda harus bisa pergi dan duduk di kursi toilet sendiri. Jika anak Anda dapat menjaga popoknya kering selama satu jam, kemungkinan besar dia siap untuk memulai pelatihannya. (Baca juga: 5 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Impotensi ).

3. Keahlian dasar organisasi
Ini akan menjadi pertama kalinya anak Anda menjauh dari Anda. Jadi, pastikan dia tahu bagaimana mengatur barang-barangnya. Ajari dia tempat yang tepat untuk menyimpan mainan dan buku-bukunya. Bantu dia pada awalnya, tetapi biarkan dia melakukannya sendiri, setelah beberapa saat. Terus hargai dia atas sedikit pencapaian untuk mendorongnya melakukan hal yang lebih banyak.

4. Keterampilan sosial

preschool adalah tentang bersosialisasi. Jadi, pastikan anak Anda mahir melakukannya. Keterampilan bersosialisasi akan membantu anak Anda bergaul dengan anak-anak lain. Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan dasar ini, seperti bisakah anak menjauh dari Anda? Apakah dia dapat melakukan hal-hal sendiri? Ajari dia sopan santun, seperti mengucapkan tolong, terima kasih, permisi. Juga, dia harus bisa mengatakan ketika dia merasa haus atau ingin pergi ke toilet.

5. Keahlian komunikasi

preschool adalah tentang mendengarkan dan berbicara. Bicara dengannya tentang harinya atau tanyakan padanya tentang makan malam, ini akan membantunya membangun keterampilan bahasa dan membantunya di sekolah. Selain itu, cobalah untuk memperkenalkan kata-kata baru kepada anak.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0585 seconds (0.1#10.140)