BLACKPINK Raih 800 Juta Viewer di Youtube

Minggu, 12 Mei 2019 - 08:59 WIB
BLACKPINK Raih 800 Juta Viewer di Youtube
BLACKPINK Raih 800 Juta Viewer di Youtube
A A A
BLACKPINK mencatatkan diri sebagai grup band K-pop pertama yang berhasil menembus 800 juta view dalam satu klip video di Youtube.

Lagu BLACKPINK Ddu-Du Ddu-Du mencatat rekor ter sebut sekitar pukul 04.16 waktu lokal atau 11 bulan sejak dirilis. Raihan fantastis itu di ung kapkan YG Entertainment selaku agen BLACKPINK.

Sejauh ini tidak ada grup band Kpop yang berhasil mendekati rekor tersebut, termasuk BTS. BLACKPINK kemungkinan menjadi band Asia yang mencapai 800 juta view. Korea Selatan sebelumnya juga mencatatkan rekornya melalui artis solonya, yakni PSY, yang mencatat rekor 3,3 miliar view via lagu megahits Gangnam Style .

“Youtube dan media sosial merupakan katalis perubahan di dalam pasar musik global,” ungkap YG seperti dikutip koreatimes.co.kr kemarin. “Rekor baru ini menunjukkan bahwa para penikmat musik dari seluruh dunia menyaksikan BLACKPINK yang saat ini banyak dianggap sebagai ‘ratu’ girlband,” tambah YG.

BLACKPINK yang memulai debut pada 2016 juga mencatat sejarah lain setelah single baru mereka Kill This Love masuk tangga nada Billboard Hot 100, peringkat lagu terpopular di Inggris selama hampir lima pekan secara beruntun.

Mereka menjadi band perempuan pertama Korsel yang meraih capaian tersebut. Klip video Kill This Love yang dirilis pada 5 April lalu sudah melampaui 300 juta view di Youtube. YG menyatakan BLACKPINK akan memulai tur ke Eropa pada pekan depan selama 10 hari.

Dimulai dari AFAS Live di Amsterdam, Belanda, tur akan dilanjutkan ke SSE Arena Wembley London, Berlin, Paris, dan Barcelona. Sebelumnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah musik Inggris, BTS juga memuncaki tangga album di Negeri Ratu Elizabeth.

BTS menjadi yang teratas di Inggris melalui album terbarunya “Map of the Soul: Persona” dengan kombinasi penjualan men capai 26.500 kopi. Dari pen jualan itu, 68% merupakan album fisik. Menurut Official Chart Co, mereka diprediksi bertengger selama periode 20-25 April 2019.

Sebelumnya lagu andalan BTS Boy With Luv juga berada di posisi ke-13 saat masuk dalam British Top 15. Dalam beberapa tahun terakhir, BTS ba nyak menarik minat penikmat musik Inggris sejak merilis serial lagu Love Yourself.

Klip video musik Boy With Luv feat Hasley menjadi video Youtube tercepat dalam menggalang 100 juta view dalam 38 jam. BTS juga berhasil menyumbangkan sekitar 4,1 triliun won (Rp52,6 triliun) pertahun terhadap perekonomian Korsel atau setara dengan total penjualan gabungan tahunan 26 perusahaan menengah.

K-pop, baik pop, hip hop, elektronik atau campuran ketiganya telah menjadi kekuatan diplomatik dan ekonomi Korsel sejak lebih dari dua dekade silam.

Profesor Keith Howard dari Universitas London yang meneliti K-pop mengatakan Korsel meraih keuntungan besar, bukan hanya dari penjualan lagu, tapi juga penjualan produk.

Lembaga Pemerintah Korsel mengestimasi K-pop menyumbangkan lebih dari USD11 miliar terhadap ekonomi Korsel pada 2014. Sejak awal 1999, K-pop menjadi salah satu fenomena budaya terbesar yang menerpa Asia.

Dampaknya nyata, yakni berkontribusi sebesar 0,2% terhadap PDB Korsel pada 2004 atau sekitar USD11,6 miliar. BTS menjadi salah satu alat diplomatik terkuat Korsel, terutama setelah BTS berhasil menembus pasar AS. (Muh Shamil)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5567 seconds (0.1#10.140)