4 Kebiasaan yang Membantu Hindari Penyakit Menular

Selasa, 04 Juni 2019 - 16:09 WIB
4 Kebiasaan yang Membantu Hindari Penyakit Menular
4 Kebiasaan yang Membantu Hindari Penyakit Menular
A A A
JAKARTA - Waspada! Berbagai penyakit menular, baik yang ditularkan melalui udara, yang terbawa melalui makanan atau terbawa air dapat menyebar karena praktik kebersihan yang tidak benar. Kuman juga tumbuh dan berkembang biak dalam kondisi yang tidak higienis.

Umumnya, beberapa penyakit menular yang dapat menyebar karena kondisi yang tidak higienis adalah pilek dan flu, hepatitis, cacar air dan lainnya. Virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit ini berkembang biak dengan cepat dalam kondisi yang tidak higienis.

Jadi, penting untuk mempraktikkan kebersihan yang benar dan mengikuti kebiasaan higienis untuk memastikan tetap aman dari penyakit seperti itu dan tetap sehat. Beberapa kebiasaan praktik kebersihan ini sangat mendasar, tetapi sangat membantu menghindari penyakit menular. Berikut ulasannya seperti dilansir Times Now News.

1. Cuci tangan
Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Anda harus mencuci tangan dengan air mengalir, mematikan keran, dan menggunakan sabun. Gosokkan kedua tangan Anda untuk menyabuni sabun dan oleskan ke bagian belakang tangan Anda, di antara jari-jari dan di bawah kuku. Gosok tangan setidaknya selama 20 detik sebelum membilasnya. Tangan menyentuh begitu banyak benda kotor dalam sehari seperti gagang pintu dan kursi toilet, Anda tidak tahu berapa banyak kuman yang ada di dalamnya. Jika Anda tidak mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum makan, dapat menyebabkan kuman masuk ke tubuh dan menyebabkan penyakit. Anda harus mencuci tangan setelah pergi ke toilet hingga menangani sampah.

2. Sikat gigi dua kali setiap hari
Kebanyakan orang menyikat gigi di pagi hari untuk menghilangkan bau mulut tetapi terlalu malas untuk menyikat gigi di malam hari. Tidak menyikat gigi di malam hari dapat menyebabkan masalah seperti gigi berlubang dan sakit gigi, karena kebersihan yang rendah. Parkitel makanan dari makanan yang dimakan sepanjang hari bisa tetap tersangkut di gigi Anda dan menyebabkan pertumbuhan bakteri. Penting untuk menjaga kebersihan mulut dan memastikan Anda mempraktikkan kebersihan mulut yang benar. Menggunakan benang gigi dan obat kumur juga dapat membantu.

3. Keringkan pakaian di bawah sinar matahari
Mengenakan pakaian bersih adalah bagian penting dari kebersihan pribadi karena pakaian kotor dapat menyebabkan infeksi kulit karena adanya bakteri di dalam. Jika Anda mengenakan pakaian kotor yang memiliki kotoran, keringat, dan benda-benda lain di atasnya, dapat menyebabkan tumbuhnya kuman di kulit Anda juga. Mencuci pakaian secara teratur dan mengeringkannya di bawah sinar matahari dapat membantu membunuh kuman. Sinar matahari dapat membantu membunuh kuman berkembang biak di pakaian Anda.

4. Berhenti membawa ponsel ke toilet
Ponsel dapat mengambil kuman dari kamar mandi setiap kali Anda membawanya ke sana. Saat menyentuh ponsel, kuman akan berpindah ke tangan, meletakkannya di wajah saat berbicara di ponsel dapat memindahkan kuman ke wajah Anda, tidur dengan ponsel tepat di sebelah Anda dapat memindahkan kuman ke tempat tidur. Menyimpan telepon di luar kamar mandi dapat mengurangi banyak masalah. Selain itu, Anda juga harus menghindari tidur dengan ponsel di bawah bantal atau di sekitar kepala Anda.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3443 seconds (0.1#10.140)