5 Cara Hadapi Penolakan Cinta

Selasa, 04 Juni 2019 - 18:11 WIB
5 Cara Hadapi Penolakan Cinta
5 Cara Hadapi Penolakan Cinta
A A A
JAKARTA - Tidak semua orang bisa dengan mudah mengatasi penolakan cinta. Sementara, penolakan merupakan bagian dari kehidupan dan mereka yang mendapat penolakan cinta harus belajar untuk menangani situasi secara efektif daripada mencoba melarikan diri dari kenyataan pahit itu.

Lalu bagaimana mengatasinya? Seperti dilansir Times Of India, berikut beberapa tips cara menjadi kuat secara mental menangani penolakan dalam kehidupan cinta mereka dan berkembang menjadi orang yang lebih baik.

1. Mengakui emosi dan menerima
Penolakan memang menyakitkan, tetapi kunci untuk melewati fase ini adalah dengan mengakui emosi. Orang yang kuat secara mental tetap jujur pada diri sendiri dan menerima apa yang mereka rasakan. Mereka mengadopsi mekanisme 'penanganan yang tepat' untuk mengatasi emosi mereka seperti kesedihan, kemarahan atau rasa malu yang melibatkan penolakan.

2. Perbaiki diri
Orang yang berpikiran kuat mengerti bahwa penolakan tidak menentukan mereka atau kehidupan mereka. Mereka berupaya memperbaiki diri dan tidak mencari validasi dari orang lain.

3. Teman dan keluarga
Mereka yang mendapat penolakan cinta tidak membiarkan kritik batin yang keras menghambat dan tenggelam dalam pikiran negatif. Daripada terlalu memikirkan masalah ini, berbagi perasaan yang sebenarnya dengan teman dekat atau anggota keluarga dan mencari cara untuk merasa lebih baik.

4. Pempraktikkan rasa terima kasih
Alih-alih menganalisis secara berlebihan apa yang salah dan bagaimana mereka yang mendapat penolakan cinta bisa melakukan hal-hal secara berbeda. Orang pintar melihat skenario keseluruhan. Mereka menghitung berkat-berkat mereka dan percaya bahwa satu penolakan bukanlah akhir dari jalan. Mereka mengerti bahwa tidak ada yang salah dengan mereka; orang lain hanya mencari sesuatu yang lain. Faktanya, mereka tidak mengambil segalanya secara pribadi dan tahu kapan harus mengesampingkan emosi mereka dan melihat situasi secara pragmatis. Yang terpenting, mereka berharap hidup memiliki hal-hal yang lebih baik bagi mereka.

5. Belajar
Orang pintar menggunakan penolakan cinta sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh sebagai individu. Mereka melihat penolakan cinta sebagai pengalaman dan melanjutkan hidup dengan lebih banyak kebijaksanaan.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5910 seconds (0.1#10.140)
pixels