The Conjuring Universe Kembali Eksploitasi si Jahat Annabelle

loading...
The Conjuring Universe Kembali Eksploitasi si Jahat Annabelle
The Conjuring Universe Kembali Eksploitasi si Jahat Annabelle
ANNABELLE Comes Home adalah film ketiga tentang boneka terkutuk tersebut, setelah Annabelle (2014) dan Annabelle: Creation (2017). Film ini sekaligus film ketujuh dari dunia The Conjuring Universe. Lantas, apa lagi yang bisa diceritakan dari boneka ini? Rupanya, produser James Wan dan sutradara serta penulis Gary Dauberman memutuskan untuk memilih satu karakter bodoh untuk membuat Annabelle bangkit, juga para makhluk dan benda terkutuk dalam “museum” Warren.

Karakter bodoh itu adalah Daniela (Katie Sarife), seorang perempuan yang mengakunya sudah membaca berbagai berita tentang Ed dan Lorraine Warren serta pekerjaan mereka, tapi tetap nekat masuk ke dalam ruangan tempat seluruh koleksi benda terkutuk disimpan. Padahal, sudah pula jelas-jelas ada tulisan dilarang masuk dan dilarang membuka kaca pelindung tempat Annabelle disimpan.

Alasannya, dia ingin melakukan kontak dengan almarhum ayahnya yang belum lama meninggal. Tapi alih-alih berbicara dengan ayahnya, dia malah membahayakan keselamatan dirinya sendiri dan orangorang di sekelilingnya. Selain menggunakan alasan bodoh untuk membuat Annabelle bangkit lagi, film ini juga tak menceritakan apa-apa selain teror yang dilakukan segenap makhluk dan bendabenda terkutuk yang ada di ruangan rumah Warren.

Lokasi teror juga hanya berlangsung di rumah Warren, hanya satu-dua kali yang mengambil tempat di luar rumah. Kemunculan banyak makhluk seram ini, mulai dari The Bride, The Ferryman, hingga Samurai mungkin saja sebagai bagian dari rencana memperluas semesta Conjuring, dengan nantinya menghadirkan makhlukmakhluk tersebut sebagai cerita spin-off.



Nah yang mengejutkan adalah, meski banyak teror dari beragam makhluk, ternyata film ini tak seseram film-film dari semesta Conjuring lainnya. Tak banyak adegan jump scare, apalagi adegan-adegan yang bikin deg-degan. Perlu juga dicatat bahwa Ed dan Lorraine tak banyak muncul dalam film ini. Karakter utama pindah ke anak mereka, Judy (Mckenna Grace), dan pengasuhnya yang masih remaja, Mary Ellen (Madison Iseman).

Jadi yang tersisa dari eksploitasi cerita boneka Annabelle ini hanyalah daur ulang film horor dengan bintang para remaja yang sepanjang film hanya bisa menjerit ketakutan, kemunculan beragam makhluk seram, tapi minus banyak adegan yang menakutkan. Semoga saja, ini adalah film terakhir dari kisah Annabelle, dan The Conjuring Universe bisa beralih ke cerita baru yang lebih solid.
(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top