Konsumsi Nangka Bisa Bantu Atur Kadar Gula Darah Pasien Diabetes

Jum'at, 28 Juni 2019 - 16:30 WIB
Konsumsi Nangka Bisa...
Konsumsi Nangka Bisa Bantu Atur Kadar Gula Darah Pasien Diabetes
A A A
JAKARTA - Diabetes tipe 2 mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Sementara beberapa faktor risiko diabetes dapat dikontrol dan dikaitkan dengan gaya hidup dan pilihan makanan, yang lain seperti riwayat keluarga, usia dan jenis kelamin berada di luar kendali seseorang. Karena itu, jika seseorang didiagnosis mengidap diabetes, mereka harus mengikuti gaya hidup sehat dan diet yang tepat untuk memastikan gula darah mereka tidak melonjak dan tetap terkendali.

Jenis makanan yang dikonsumsi seseorang memiliki dampak langsung terhadap kadar gula darah. Nangka, buah yang tumbuh di iklim tropis adalah salah satu makanan paling unik di dunia dengan ukurannya yang luar biasa besar. Nangka adalah buah terbesar di dunia dan beratnya bisa mencapai 30 kg. Mereka yang menjadi vegetarian menggunakannya sebagai pengganti daging karena teksturnya. Namun, bagi pasien diabetes, nangka memiliki banyak khasiat yang dapat membantu dalam pengelolaan gula darah.

Berikut manfaat konsumsi nangka bagi pasien diabetes tipe 2 seperti dilansir dari Times of News.

1. Indeks Glikemik Rendah
Glycemic Index, disingkat GI, adalah peringkat relatif karbohidrat dalam makanan sesuai pengaruhnya terhadap kadar glukosa darah. Nangka memiliki GI rendah, yang membuatnya cocok untuk penderita diabetes. Makanan lain dengan buah-buahan dan sayuran non-pati rendah GI seperti wortel dan mentimun. Pasien diabetes harus memasukkan makanan ini dalam diet mereka untuk menjaga gula darah terkontrol.

2. Serat tinggi
Makanan tinggi serat disarankan untuk dikonsumsi bagi pasien diabetes tipe 2. Serat membantu memperlambat penguraian gula dalam darah dan karena itu menjaga gula darah diatur dan dikelola. Buah-buahan seperti beri, pir, melon, dan sayuran seperti brokoli kaya akan serat dan harus dimasukkan dalam makanan untuk penderita diabetes.

3. Protein tinggi

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Medical University of Vienna, Austria, protein dapat membantu mencegah kenaikan kadar gula darah segera setelah makan. Karena nangka kaya akan protein, buah ini aman untuk dimasukkan dalam makanan pasien diabetes untuk manajemen gula darah.

4. Kaya antibiotik

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus diabetes, ditemukan bahwa ekstrak daun nangka membantu mengurangi kadar gula darah puasa dan juga membantu dalam manajemen gula jangka panjang pada tikus. Hasil ini dikaitkan dengan adanya antioksidan flavonoid dalam nangka. Jika kita mengikuti penelitian, nangka dapat membantu menjaga gula darah tetap terkelola karena adanya flavonoid di dalamnya.
(alv)
Berita Terkait
Meningkatkan Akses Layanan...
Meningkatkan Akses Layanan Konseling Keluarga Jakarta melalui Mobil SAPA
Langgar Protokol Kesehatan,...
Langgar Protokol Kesehatan, Angkutan Umum Akan Ditindak Tegas
Transportasi Umum Harus...
Transportasi Umum Harus Higienis dan Terapkan Protokol Kesehatan
Kuliah Umum UMJ Bahas...
Kuliah Umum UMJ Bahas Pentingnya Transformasi Sistem Kesehatan Nasional
Libur Panjang, DKI Perketat...
Libur Panjang, DKI Perketat Pengawasan Prokotol Kesehatan di Tempat Umum
Unpad Jadi Kampus Terbaik...
Unpad Jadi Kampus Terbaik Hasilkan Artikel Ilmiah Umum dan Kesehatan
Berita Terkini
Dibully Sampai Hidupnya...
Dibully Sampai Hidupnya Hancur, Ini Balas Dendam Anna di Microdrama V+Short She Was Never Gone
10 jam yang lalu
Nakei Tampilkan Pendewasaan...
Nakei Tampilkan Pendewasaan Musik Lewat Single Kedua 'Setengah Hadir'
11 jam yang lalu
Samuel Cipta Hadirkan...
Samuel Cipta Hadirkan Makna Cinta Lewat Single Terbaru Jagat Rasa
11 jam yang lalu
Bukan Skill Game-nya,...
Bukan Skill Game-nya, Ini yang Membuat Konten Refa Ardhi Disukai Banyak Orang
12 jam yang lalu
Program Loyalitas Jadi...
Program Loyalitas Jadi Strategi Pusat Belanja Menjaga Kedekatan dengan Pengunjung
12 jam yang lalu
Kesuksesan Refa Ardhi...
Kesuksesan Refa Ardhi di Dunia Digital Ternyata Dibangun dari Hal Sederhana Ini
12 jam yang lalu
Infografis
Penyebab Tekanan Darah...
Penyebab Tekanan Darah Sulit Turun Meskipun Sudah Konsumsi Obat
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved