Trik Memanajemen Diabetes, Salah Satunya Hitung Kalori

Senin, 26 Agustus 2019 - 18:15 WIB
Trik Memanajemen Diabetes,...
Trik Memanajemen Diabetes, Salah Satunya Hitung Kalori
A A A
JAKARTA - Salah satu hal penting dalam manajemen diabetes adalah mengatur asupan gula. Menurut World Health Organization (WHO), jumlah maksimum gula tambahan yang harus dimiliki seseorang dalam sehari adalah 50 g. Namun, batas sehatnya adalah 25 g gula tambahan saja.

Mengkonsumsi gula lebih dari anjuran dapat membahayakan kesehatan, bahkan ketika Anda sehat. Di sisi lain, gula alami seperti yang terdapat pada buah-buahan, sayuran dan lainnya tidak berbahaya, karena makanan ini mengandung vitamin, mineral, dan serat.

Namun, tidak semua manajemen diabetes yang ada mudah diikuti. Seperti dilansir Times Now News, berikut empat tips praktis untuk mengurangi gula dan membuat manajemen diabetes lebih mudah.

1. Baca label pada makanan olahan

Makanan olahan mengandung gula, termasuk makanan yang mengklaim bebas gula. Karena itu penting untuk membaca label makanan dan memahami berapa banyak gula tambahan yang terkandung di dalamnya, per sajian. (Baca juga: Malu Ungkap Masalah Pencernaan? Coba Atasi dengan 3 Obat Rumahan ).

Tidak mungkin untuk mengingat semua bahan dalam semua makanan olahan yang menunjukkan gula, tetapi kata-kata yang diakhiri dengan - osa (seperti fruktosa, glukosa) - gula, dan sirup adalah yang paling umum digunakan untuk menunjukkan gula. Cari kata-kata ini dan pahami berapa banyak gula yang terkandung dalam makanan olahan Anda, dan hindari yang mengandung terlalu banyak gula.

2. Sertakan lebih banyak makanan utuh dalam diet

Makanan utuh adalah makanan dalam bentuk alami - buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan. Makanan utuh mengandung gula alami dan tidak mengandung gula tambahan. Jika Anda memasukkan makanan utuh sebanyak mungkin untuk makanan dan camilan yang berbeda sepanjang hari, Anda cenderung mengonsumsi lebih sedikit gula, mengurangi mengidam gula, dan menimbulkan rasa kenyang. Lemak dari sumber makanan utuh juga membantu menjaga Anda kenyang lebih lama dan mengurangi mengidam gula.

3. Hitung kalori

Satu kaleng soda mengandung sekitar 40 g gula tambahan, dan artinya hanya menyisakan 10 g gula untuk mencapai batas maksimum 50 g dalam sehari. Banyak orang lupa menghitung tambahan gula dan kalori yang dikonsumsi sebagai minuman, dan saat itulah manajemen diabetes mereka salah. Cobalah untuk tetap ketat pada gula tambahan dalam minuman Anda, dan cobalah untuk menghindari soda manis, minuman berkarbonasi dan pilih minuman alami seperti air lemon atau teh hijau.

4. Sertakan lebih banyak protein dalam diet

Protein membantu mendorong rasa kenyang dan membantu dalam ngidam gula. Jika saat sarapan Anda konsumsi makanan manis, tidak kaya protein, maka akan segera merasa lapar. Bukan hanya lapar, gula darah akan naik ketika sarapan. Ini bisa menyebabkan ngidam gula, yang akan membuat Anda makan lebih banyak gula tambahan, dan mengacaukan manajemen diabetes Anda.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0701 seconds (0.1#10.140)