Korea-Indonesia Jalin Kerjasama Konten Kemitraan

Rabu, 28 Agustus 2019 - 23:48 WIB
Korea-Indonesia Jalin Kerjasama Konten Kemitraan
Korea-Indonesia Jalin Kerjasama Konten Kemitraan
A A A
JAKARTA - Berupaya mendukung perluasan perusahaan penyiaran dan konten dalam negeri Korea Selatan di Indonesia, National IT Industry Promotion Agency (NIPA) atau Badan Promosi Industri Informasi dan Komunikasi Korea menggelar Konten Kemitraan Korea-Indonesia 2019 di Jakarta, Selasa (27/8).

Dalam keterangan tertulisnya, Deputy Manager NIPA, Seongwon Kil mengatakan, pihaknya berterima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk bisa memperkenalkan perusahaan-perusahaan dan konten-konten dari Korea di Indonesia.

Saat ini, menurut Seongwon Kil, pemerintah Korea sedang menerapkan kebijakan melakukan pendekatan ke negara-negara yang berada di selatan khususnya negara-negara Asia Tenggara. "Atas dasar kebijakan itu maka digelarlah acara ini sebagai bentuk mempromosikan dan menjalin kerjasama antara Korea dan Indonesia," kata Seongwon Kil saat pembukaan Konten Kemitraan Korea-Indonesia 2019.

Korsel memandang Indonesia sebagai negara yang sangat berperan di kawasan Asia Tenggara. Konten-konten dari Korea sudah banyak terkenal di Indonesia dan memiliki banyak peminatnya. "Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam acara kali ini adalah perusahaan-perusahaan yang dipilih pemerintah Korea sehingga diharapkan bisa terjalin kerjasama yang baik antara pihak-pihak di Indonesia," terang Seongwon Kil.

Pameran yang mencerminkan "New Southern Policy" itu akan memberikan peluang bagi perusahaan konten dan penyiaran terkemuka di Korea memasuki pasar lokal di Asia Tenggara, termasuk Indonesia guna membangun kemitraan strategis antara perusahaan bilateral Korea dan Indonesia. Acara ini turut dihadiri 14 perusahaan terkemuka dalam produksi konten gelombang Korea, termasuk penyiar terestrial dan kabel Korea.

"Selama acara berlangsung, kami membuat penyaringan konten untuk memperkenalkan konten perusahaan kami kepada pemerintah Indonesia dan perusahaan yang terkait dengan penyiaran dan konten. Selain itu, akan ada konferensi dan konsultasi ekspor bersama buyer yang kuat di lokal secara 1:1. Juga akan ada pertemuan bisnis melalui pertemuan jaringan dengan skala bisnis kurang lebih 3 juta dolar," paparnya.

"Korea dan Indonesia, yang telah memimpin perkembangan luar biasa dengan bersama ICT Korea, akan dapat bertemu bersama untuk membicarakan tentang teknologi, inovasi, dan visi untuk masa depan dan menciptakan bisnis baru," tambah Seongwon Kil.

Dalam waktu yang sama, Manager Director Grafizix Co. Ltd sekaligus salah satu peserta acara, Eunee Park mengatakan bahwa Indonesia sekarang mendapat banyak perhatian dan sedang berkembang secara lebih mobile. "Jadi banyak media dari Korea juga yang jadi ikutan mau masuk ke media Indonesia untuk berkembang bersama," ungkapnya.

Selain pameran, di acara ini juga ada dua MoU yang ditandatangani, termasuk produksi konten bersama antara perusahaan Korea dan Indonesia serta ekspor konten. Rencananya pada 29 Agustus 2019, NIPA akan juga menggelar acara serupa di Kuala Lumpur, Malaysia.

Sementara, 14 peserta yang mengikuti acara ini, antara lain AB MEDIA, CGPlXEL STUDIO INC, Circus Image Works Co., Ltd, CJ ENM Co., Ltd. Grafizix Co., Ltd. ICONIX, IDEACONCERT Co., Ltd., JTBC, KBS MEDIA, Magic Image CO., LTD., PlayOnCast Corp., SMARTSTUDY, Superbean Corp., X ISP Co Ltd.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4556 seconds (0.1#10.140)