Spoiler, Haram atau Enggak Masalah?

Sabtu, 31 Agustus 2019 - 13:30 WIB
Spoiler, Haram atau Enggak Masalah?
Spoiler, Haram atau Enggak Masalah?
A A A
SPOILER adalah istilah yang dipakai saat ada orang yang memberi bocoran jalan cerita hingga adegan yang paling penting.

Sebagian sangat anti dengan spoiler karena dianggap merusak kenikmatan menonton. Tapi ada juga yang tak masalah mengetahui akhir ceritanya, bahkan sebelum menonton filmnya. Nah, inilah pendapat beberapa di antaranya.

Sarah Yusmalinda, Universitas Indraprasta PGRI
"Spoiler menguntungkan sebelah pihak, dan merugikan pihak lainnya. Karena ketika seseorang menantikan sebuah film atau sebuah buku, lalu ada pihak yang dengan sengaja membocorkan alur dari cerita tersebut hanya untuk kesenangan dia semata, itu tanpa sadar telah merusak kesenangan dari pihak yang belum menonton atau membacanya. Kalau aku, sih, enggak terlalu ambil pusing, tapi semoga aku bukan pihak yang dirugikan spoiler ."

Sarah rizkiya, Universitas Yayasan Persada Indonesia
"Spoiler ada sisi positif dan negatif. Positifnya itu ketika kita ingin menonton film yang tidak yakin untuk ditonton, bisa kita minta spoiler -nya ke orang, apakah layak untuk ditonton atau justru sebaliknya. Sedangkan sisi negatifnya adalah membuat orang tidak interest atau tidak excited ketika menonton filmnya. Karena sudah tahu jalan ceritanya seperti apa dan bagaimana."

Eristia Pahingaran, Universitas Trilogi
"Menurut gue gak asyik banget sama orang yang spoiler karena kita yang mau nonton atau baca jadi sudah tahu ending-nya gitu, rada enggak surprise dengan akhir cerita yang sudah tahu. Tapi kadang juga dengan spoiler itu buat tahu kualitas buku atau filmnya tuh bagus atau enggak."

Riziq Fitra Pratama, Universitas negeri Jakarta
"Orang-orang yang suka spoiler ini memang untuk mencari sensasi semata. Pengin cari perhatian banyak orang. Biar orang yang nilai sendiri film atau apa pun itu."

ANISSA NOVIA FITRI
GEN SINDO-Universitas Negeri Jakarta
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8245 seconds (0.1#10.140)