Begini Perilaku Belanja Masyarakat saat Festival Belanja Online Akhir Tahun

Selasa, 10 September 2019 - 04:34 WIB
Begini Perilaku Belanja Masyarakat saat Festival Belanja Online Akhir Tahun
Begini Perilaku Belanja Masyarakat saat Festival Belanja Online Akhir Tahun
A A A
JAKARTA - September menandakan dimulainya pesta belanja online akhir tahun di Indonesia, seperti ShopBack ShopFest hingga Hari Belanja Nasional (Harbolnas) di Desember mendatang. Beragam promo potongan harga hingga cashback menarik ditawarkan platform e-commerce, tak ayal pesta belanja online akhir tahun ini pun menjadi momen yang dinanti-nanti masyarakat Indonesia.

Pada Juli 2019, Shopback, platform cashback rewards dan kurator e-commerce, melakukan survei secara online. Survei ini diikuti lebih dari 5.100 responden dari Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar, guna melihat pola perilaku belanja online masyarakat Indonesia saat festival belanja online akhir tahun berlangsung.

Berdasarkan survei ini, sebanyak 2/3 responden mengaku berencana akan berbelanja lebih banyak ketimbang festival belanja online tahun lalu. Disamping itu, sebanyak 38,6 persen dari responden akan berbelanja sebanyak Rp 500.001- Rp 1.500.000 dan sebanyak 36,8 persen responden akan berbelanja di bawah Rp 500.000.

Sementara itu, berdasarkan data historikal ShopBack, rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan Rp 2.105.811.

"Festival belanja online akhir tahun memang selalu menjadi momen yang dinanti-nanti masyarakat Indonesia, karena pada periode ini mereka mendapat harga terbaik dalam membeli beragam produk yang diinginkan,” ujar Head of Business Development ShopBack Indonesia, Yolanda Margaretha dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (9/9).

Yolanda menambahkan, tidak hanya menguntungkan masyarakat, festival belanja online akhir tahun juga memberikan berkah bagi para pelaku niaga daring, yang rata-rata transaksi meningkat hingga tiga kali lipat dibanding hari biasa.

"Tahun ini pun ShopBack memprediksi akan terjadi peningkatan hingga dua kali lipat dalam hal order dibanding periode festival belanja online tahun sebelumnya," ujarnya.

Dalam berbelanja online, masyarakat Indonesia dapat dikatakan sudah lebih bijak dalam menentukan barang apa yang akan dibeli di platform online. Menilik dari hasil survey yang dilakukan ShopBack, responden mengaku lebih mempertimbangkan kredibilitas penjual ketimbang harga yang ditawarkan.

Sementara itu, berdasarkan survei ini juga, Harbolnas menduduki peringkat pertama festival belanja online yang paling banyak diketahui masyarakat Indonesia, diikuti 99 Super Shopping Day di peringkat kedua. Kendati demikian, terdapat 22 persen dari responden yang mengetahui semua festival belanja online yang ada di Indonesia.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5626 seconds (0.1#10.140)