Ini Alasan Berat Badan Terus Naik Seiring Bertambah Usia

Sabtu, 14 September 2019 - 08:41 WIB
Ini Alasan Berat Badan Terus Naik Seiring Bertambah Usia
Ini Alasan Berat Badan Terus Naik Seiring Bertambah Usia
A A A
NEW DELHI - Adalah fakta bahwa seiring bertambahnya usia, semakin sulit bagi banyak orang untuk menjaga berat badan tetap ideal. Bahkan, jika tidak makan berlebih atau rajin berolahraga sekalipun, berat badan akan tetap bertambah. Apa yang membuat hal itu terjadi?

Seperti dilansir Times of India, studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal Nature Medicine telah menemukan jawabannya. Menurut penelitian baru di ‘Natural Medicine’, pergantian lipid dalam jaringan lemak (tingkat di mana lipid atau lemak dalam sel lemak dihapus) berkurang selama penuaan. Jadi, dengan demikian membuatnya lebih mudah untuk menambah berat badan.

Para ilmuwan mempelajari sel-sel lemak pada 54 wanita dan pria selama 13 tahun. Dalam periode ini, semua orang terlepas dari, apakah mereka kehilangan atau menambah berat badan menunjukkan penurunan pergantian lipid dalam jaringan lemak.

Orang-orang yang tidak menggantinya dengan makan lebih sedikit kalori memperoleh rata-rata 20 persen berat badan. Studi ini dilakukan bekerja sama dengan para peneliti di Universitas Uppsala, Swedia dan Universitas Lyon, Prancis.

Para peneliti juga memeriksa pergantian lipid pada 41 wanita yang menjalani operasi bariatrik untuk melihat bagaimana tingkat mempengaruhi kemampuan mereka untuk menjaga berat badan setelah operasi. Hanya wanita yang memiliki tingkat turnover lipid rendah sebelum operasi berhasil meningkatkan turnover lipid mereka dan mempertahankan penurunan berat badan mereka.

Hasilnya menunjukkan bahwa proses dalam jaringan lemak kita mengatur perubahan berat badan selama penuaan dengan cara yang tidak tergantung pada faktor-faktor lain.

Lebih banyak penelitian menunjukkan bahwa satu-satunya cara untuk mempercepat pergantian lemak di jaringan lemak adalah dengan berolahraga lebih banyak. Ini menunjukkan bahwa hasil jangka panjang dari operasi penurunan berat badan akan membaik jika dikombinasikan dengan peningkatan aktivitas fisik.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7391 seconds (0.1#10.140)