10 Cara Mudah Mencegah Penyakit Ringan

Selasa, 24 September 2019 - 16:33 WIB
10 Cara Mudah Mencegah Penyakit Ringan
10 Cara Mudah Mencegah Penyakit Ringan
A A A
NEW DELHI - Pepatah kuno mengatakan “pencegahan lebih baik daripada mengobati”. Ini memiliki dasar kebenaran, tetapi kerap diabaikan. Sementara, jelas dari fakta bahwa manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dan seharusnya tidak menganggap enteng.

Melakukan pencegahan pun sebenarnya mudah. Jika Anda mengonsumsi obat-obatan, hal ini memiliki efek samping sehingga dapat mempengaruhi kesehatan dan menurunkan harapan hidup.

Berbeda dengan obat rumahan. Jika dikonsumsi dengan teratur, tentu dapat membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah beberapa penyakit umum. Seperti dilansir Times of India, berikut obat rumahan yang bisa mengatasi beberapa penyakit;

1. Makan dengan benar
Pola makan seimbang dapat melengkapi tubuh Anda dengan nutrisi yang diperlukan dan membantu mencegah banyak penyakit.

2. Istirahat yang cukup
Tidur selama 7-8 jam secara teratur meningkatkan kekebalan dan mencegah Anda dari infeksi. Penelitian menunjukkan, jika Anda melewatkan tidur nyenyak bahkan satu malam, tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

3. Olahraga
Olahraga berat dapat melemahkan sistem kekebalan dengan mengurangi jumlah sel pejuang atau sel darah putih. Sebaliknya, jalan cepat selama setidaknya 20 menit secara teratur dapat mencegah Anda dari sejumlah penyakit.

4. Sinar matahari
Sinar matahari merupakan sumber alami vitamin D dan ini adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit.

5. Udara segar
Sama seperti sinar matahari, udara segar meningkatkan kekebalan tubuh dan oksigen menyembuhkan tubuh.

6. Tolak tembakau dan alkohol
Alkoholisme menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang lemah dan merokok menyebabkan masalah pernapasan. Menjauhkan diri dari tembau dan alcohol bisa membuat badan tetap sehat dan bugar.

7. Bawang putih

Bawang putih mentah memiliki sifat antimikroba yang cukup dan mencegah tubuh dari sejumlah penyakit yang mengganggu seperti batuk dan pilek musiman, sakit tenggorokan, tenggorokan, bronkitis, dll.

8. Vitamin C

Ada fakta yang diketahui bahwa vitamin C mencegah tubuh dari penyakit yang umum. Jadi, mengonsumsi lebih banyak buah jeruk, seperti jeruk nipis, lemon, dan lainnya bisa menjadikan tubuh tetap fit untuk waktu yang lama.

9. Kurangi asupan gula

"racun putih" ini harus ditinggalkan sepenuhnya untuk tetap kebal terhadap infeksi. Penelitian menunjukkan bahwa menghentikan asupan gula sepenuhnya selama infeksi membantu Anda pulih lebih cepat.

10. Kurangi asupan kafein

Anda mungkin seorang pecinta kopi, tetapi kabar buruknya adalah bahwa kafein akan membuat Anda lebih stres dengan meningkatkan hormon adrenalin dalam darah dan membuat Anda tidak bisa tidur semalaman. Akibatnya, tubuh lebih rentan terhadap infeksi.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5979 seconds (0.1#10.140)