Apakah Makan Daging Merah Mempengaruhi Kesehatan?

Sabtu, 05 Oktober 2019 - 15:33 WIB
Apakah Makan Daging Merah Mempengaruhi Kesehatan?
Apakah Makan Daging Merah Mempengaruhi Kesehatan?
A A A
JAKARTA - Ada beberapa laporan yang mengatakan bahwa daging merah dapat menyebabkan berbagai konsekuensi kesehatan, mulai risiko kanker yang lebih tinggi, masalah kardiovaskular hingga kematian dini di antara hasil kesehatan negatif lainnya.

Dalam makalah penelitian yang diterbitkan di NutriRECS (Konsorsium Rekomendasi Gizi) menyatakan bahwa para profesional merasa perlu untuk mengevaluasi kembali bukti yang ada tentang hubungan antara konsumsi daging merah dan hasil kesehatan negatif karena beberapa alasan.

Setelah mengevaluasi bukti yang disajikan oleh studi yang relevan, para peneliti menyimpulkan bahwa sementara mungkin ada hubungan antara konsumsi daging merah dan risiko hasil kesehatan yang buruk, tapi tidak jelas apakah ada efek negatif yang signifikan.

Bukti bahwa mengurangi asupan daging merah olahan dan tidak diproses akan mengurangi risiko kanker, penyakit kardiovaskular, dan kematian dini, dalam banyak kasus memiliki kepastian yang rendah.

“Ini bukan hanya penelitian lain tentang daging merah dan olahan, tetapi serangkaian ulasan sistematis berkualitas tinggi yang menghasilkan rekomendasi yang menurut kami adalah jauh lebih transparan, kuat, dan andal,” kata Bradley Johnston, Ph.D., dari Dalhousie University, di Nova Scotia, Kanada seperti dilansir The Indian Express.

Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Arteriosclerosis, Thrombosis and Vascular Biology, menunjukkan bahwa gigitan kutu dapat memicu reaksi alergi terhadap daging merah dan menyebarkan sensitivitas terhadap alergen di antara orang-orang.
Pasien yang sensitif terhadap alergen menunjukkan 30 persen lebih banyak plak di arteri jantung daripada mereka yang tidak memiliki sensitivitas. Selanjutnya, mereka memiliki persentase yang lebih tinggi dengan ciri-ciri karakteristik plak tidak stabil yang lebih cenderung menyebabkan serangan jantung.

Namun, tim peneliti NutriRECS mengakui bahwa mereka membuat rekomendasi yang lemah yang orang hanya harus mempertimbangkan saran, dan bahwa orang mungkin ingin memikirkan apakah mereka merasa itu berharga atau berguna.

“Pedoman ini bertujuan untuk memberi tahu individu daripada memberi nasihat tentang kebijakan kesehatan masyarakat. Panel mengambil perspektif pengambilan keputusan individu daripada perspektif kesehatan masyarakat,” tulis para peneliti.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4910 seconds (0.1#10.140)