Bercak Selama Kehamilan, Perlukah Khawatir?

Senin, 07 Oktober 2019 - 14:09 WIB
Bercak Selama Kehamilan, Perlukah Khawatir?
Bercak Selama Kehamilan, Perlukah Khawatir?
A A A
NEW DELHI - Bercak atau pendarahan ringan pada seorang ibu yang baru pertama kali hamil atau telah hamil, tetapi baru mengalami masalah tersebut, tentu hal itu membuat Anda khawatir dan takut.

Tetapi perdarahan atau bercak yang sering terjadi selama kehamilan, kadang-kadang benar-benar normal dan hampir sepertiga wanita hamil mengalaminya.

Pendarahan dapat terjadi karena beberapa alasan dan bahkan tidak berhubungan dengan kehamilan. Sebagian besar bercak selama kehamilan tidak berbahaya, tetapi kadang-kadang bisa menjadi pertanda beberapa komplikasi, seperti keguguran, kehamilan ektopik, dan plasenta previa, dan karenanya tidak boleh diabaikan.

Seperti dilansir Times of India, berikut beberapa alasan wanita mengalami pendarahan selama kehamilan:

1.Bercak di trimester pertama
Sekitar 20-30 persen wanita mengalami beberapa tingkat perdarahan vagina dalam 12 minggu pertama kehamilan. Sesuai penelitian yang dilakukan pada tahun 2010, bercak biasanya terlihat pada minggu keenam dan ketujuh kehamilan dan tidak selalu merupakan tanda keguguran. Dalam American Pregnancy Association, ada beberapa alasan umum perdarahan pada trimester pertama.

A. Pendarahan implantasi
Implantasi sel telur di lapisan rahim terjadi sekitar 4 minggu dalam kehamilan. Jika pengalaman Anda mengalami pendarahan sekitar seminggu hingga 10 hari setelah pembuahan, maka itu disebabkan implantasi embrio ke dinding rahim. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

B. Hubungan seksual
Selama trimester kedua dan ketiga, leher rahim Anda membengkak karena meningkatnya pasokan darah di daerah tersebut. Menjadi akrab selama periode ini dapat menyebabkan bercak cahaya.

C. Infeksi
Kadang-kadang perdarahan juga terjadi karena infeksi yang sebagian besar ditularkan secara seksual. Dalam hal ini, Anda harus didiagnosis karena dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut.

D. Kehilangan atau keguguran awal kehamilan
Keguguran dini terjadi selama 13 minggu pertama kehamilan. Jika Anda mengalami pendarahan berwarna coklat atau merah terang, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Anda juga mungkin mengalami sakit punggung ringan, kram atau kontraksi dan penurunan gejala kehamilan mendadak.

E. Kehamilan ektopik
Kehamilan ektopik adalah keadaan darurat medis yang terjadi pada trimester pertama kehamilan Anda. Ini terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi menempel di luar rahim. Bersamaan dengan perdarahan dan bercak ringan, jika Anda mengalami sakit perut atau panggul yang tajam atau tumpul, lemah, pusing, atau pingsan, maka segera hubungi dokter Anda.

2. Bercak selama trimester kedua
A. Iritasi pada leher Rahim

Selama trimester kedua, perdarahan ringan atau bercak umumnya terjadi karena iritasi pada leher rahim, biasanya disebabkan setelah berhubungan seks atau pemeriksaan serviks. Ini sangat umum dan tidak mengkhawatirkan.

B. Polip serviks

Ini adalah alasan umum lainnya untuk perdarahan atau bercak pada trimester kedua. Polip serviks adalah pertumbuhan kecil, tumor memanjang di permukaan saluran serviks. Hal ini dapat menyebabkan bercak karena peningkatan jumlah pembuluh darah di jaringan di sekitar area tersebut. Ini tidak berbahaya dan Anda tidak perlu khawatir.

C. Alasan lain

Pendarahan ringan dan bercak cukup umum, tetapi jika Anda mengalami pendarahan vagina yang seberat periode menstruasi, segera konsultasikan dengan dokter Anda. Pendarahan hebat dapat disebabkan oleh beberapa komplikasi seperti plasenta previa, persalinan prematur, keguguran terlambat.

3. Bercak selama trimester ketiga

Pada trimester ketiga, perdarahan ringan atau bercak sebagian besar terjadi setelah berhubungan seks atau pemeriksaan serviks. Ini juga bisa terjadi karena "pertunjukan berdarah," atau itu bisa menjadi tanda sakit persalinan. Jika Anda mengalami pendarahan hebat pada vagina selama trimester ketiga, cari perawatan medis darurat segera. Bisa juga disebabkan karena solusio plasenta.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4990 seconds (0.1#10.140)