Keterlibatan Swasta Cukup Penting dalam Edukasi Seputar Kesehatan

loading...
Keterlibatan Swasta Cukup Penting dalam Edukasi Seputar Kesehatan
Keterlibatan Swasta Cukup Penting dalam Edukasi Seputar Kesehatan
JAKARTA - Belum lama ini, bersama Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Herbalife Nutrition Indonesia melakukan peluncuran program Komunitas Sehat yang diselenggarakan di Kampus Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat. Peluncuran program itu dilakukan Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla bersama jajaran perwakilan pemerintah dan berbagai pihak swasta lainnya.

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan, pihaknya sangat senang program Komunitas Sehat diluncurkan secara nasional. Program ini selaras dengan komitmen Herbalife Nutrition Indonesia yang bertujuan mendorong masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat dan aktif.

"Kami juga senang dapat berkontribusi sesuai kemampuan kami dalam program ini sebagai katalis perubahan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat ke arah lebih positif," kata Andam Dewi dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (10/10).

Menurutnya, keterlibatan swasta di berbagai kegiatan yang diinisiasi pemerintah sangat penting, mengingat swasta dapat memberikan kontribusinya dan memberikan dampak sosial demi masyarakat Indonesia yang lebih sehat dan sejahtera.



Herbalife Nutrition Indonesia tercatat telah bekerjasama dengan TNP2K sejak 2017 sebagai sponsor program Indonesia Mampu (pencegahan diabetes dan hipertensi). Program tersebut bertujuan mendorong perubahan positif dengan harapan masyarakat mendapat dampak positif dari kehadiran program itu.

Penyakit tidak menular (PTM) disebabkan pola makan yang buruk, aktivitas fisik yang kurang dan penggunaan tembakau. Namun, dalam catatan World Health Organization tahun 2018, PTM meningkat selama dua dekade terakhir, dan saat ini telah mencapai 73 persen dari total kematian pada 2016.

Kematian dan kecacatan akibat diabetes, salah satu yang paling umum dari PTM di seluruh dunia, juga telah meningkat sebesar 38,5 persen antara 2006-2016. Ini menyebabkan meningkatnya beban negara pada sistem kesehatan nasional. Hal itu terdapat dalam catatan Institute of Metrics and Evaluation (IHME) pada 2018.

"Keterlibatan pihak swasta dalam skema Public Private Parnership (PPP)/Kerjasama Swasta dan Pemerintah menjadi penting karena dengan dukungan finansial serta keahlian yang dimiliki daoat berkontribusi nyata terhadap program pemerintah. Herbalife Nutrition contohnya secara periodik melibatkan ahli nutrisi perusahaan dan ilmu pengetahuan untuk melakukan insiatif edukasi tentang isu seputar kesehatan di Indonesia dan Asia Pasifik," tutup Andam Dewi.
(nug)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top