7 Makanan yang Membantu Mengendalikan Tekanan Darah

Rabu, 16 Oktober 2019 - 15:12 WIB
7 Makanan yang Membantu Mengendalikan Tekanan Darah
7 Makanan yang Membantu Mengendalikan Tekanan Darah
A A A
NEW DELHI - Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah suatu kondisi dimana tekanan yang diberikan oleh darah pada pembuluh darah melebihi kisaran normal.

Saat ini, hipertensi telah menjadi penyakit yang sangat umum dan harus dicatat bahwa tekanan darah tinggi sering tidak menunjukkan gejala yang khas.

"Hipertensi, jika tidak diobati atau tidak dikelola, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke," kata ahli gizi Nmami Agarwal, pendiri & CEO, Nmami Life seperti dilansir The Indian Express.

Dijelaskannya, diet yang tepat bisa membantu mengelola tekanan darah tinggi dengan atau tanpa obat. Sementara, Nmami menjelaskan ada makanan yang membantu menurunkan tekanan darah. Berikut ulasannya;

1. Pisang
Pisang adalah sumber kalium makanan yang sangat baik, mineral yang membantu mengatur tingkat tekanan darah. Sesuai dengan studi ilmiah, makan dua pisang sehari dapat membantu mengurangi tekanan darah sebesar 10 persen.

2. Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, selada, atau sawi adalah sumber nitrat yang kaya. Hanya satu atau dua porsi sayuran kaya nitrat dapat mengurangi hipertensi hingga 24 jam.

3. Oat
Oat membuat pilihan yang sangat sehat untuk sarapan. Serat larut yang dikenal sebagai beta-glukan dapat membantu menurunkan kadar tekanan darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Oat juga kaya akan kalium yang merupakan mineral penting untuk kontrol tekanan darah.

4. Ubi jalar
Ubi jalar jelas merupakan salah satu makanan super terbaik untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Ini secara alami kaya serat ramah tekanan darah dan merupakan sumber yang sangat baik dari dua mineral penting - magnesium dan kalium. Mineral-mineral ini membantu mengatur tingkat tekanan darah secara besar-besaran.

5. Biji rami
Banyak penelitian ilmiah telah mendukung fakta bahwa konsumsi biji rami secara teratur dapat membawa peningkatan signifikan dalam tingkat tekanan darah tinggi. Mengonsumsi biji rami secara teratur selama enam bulan dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik masing-masing sebesar 10 mmHg dan 7 mmHg. (Baca juga: Padi Reborn Meriahkan HUT ke-30 MNC Group lewat Konser Indera Keenam ).

6. Kenari

Kenari adalah satu-satunya kacang pohon yang secara signifikan lebih tinggi dalam ALA nabati (Alpha Linoleic Acid) yang merupakan bentuk nabati dari Omega-3 Fatty Acid. Konsumsi kenari secara teratur terbukti meningkatkan aliran darah. Ini juga sarat dengan lemak sehat, magnesium, dan serat.

7. Bawang putih

Bawang putih kaya akan senyawa sulfur esensial yang dikenal sebagai allicin yang memiliki manfaat penurun tekanan darah yang signifikan. Sekitar 600-900 mg bubuk bawang putih dapat menyebabkan penurunan kadar tekanan darah sekitar 9-12 persen. "Poin kunci lain yang perlu diingat adalah untuk mengurangi konsumsi garam," kata Agarwal.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4770 seconds (0.1#10.140)