Manado Fiesta Lengkapi Empat Event Sulut di CoE 2020

Jum'at, 18 Oktober 2019 - 00:50 WIB
Manado Fiesta Lengkapi Empat Event Sulut di CoE 2020
Manado Fiesta Lengkapi Empat Event Sulut di CoE 2020
A A A
MANADO - Sulawesi Utara (Sulut) berhasil menambahkan satu lagi event-nya untuk masuk dalam National Calendar of Events (CoE) tahun depan. Dengan masuknya Manado Fiesta, kini Sulut total menempatkan empat event dalam agenda CoE 2020.

Sebelumnya, tiga event yang terlebih dahulu berada di CoE 2019, antara lain Tomohon International Flower Festival (TIFF), Festival Pesona Bunaken, dan Festival Pesona Selat Lembeh (FPSL). "Tahun 2019 Sulawesi Utara hanya 3 event yang masuk, itu berarti bertambah 1 event. Patut kita syukuri dengan kerja keras dan kerja bersama," ujar Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Sulut, Judhistira Siwu di Manado, Kamis (17/10).

Menurut Judhistira, hal tersebut terungkap dalam acara launching 100 National Calendar of Events (CoE) 2020 di Balairung Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta. Dalam kesempatan itu secara resmi diumumkan 100 event di 34 Provinsi di Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata Sulut, Daniel Mewengkang mengungkapkan, keberhasilan yang diraih ini tidak lepas dari komitmen Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam memajukan pariwisata di Sulawesi Utara beserta seluruh komponen yang menunjang kepariwisataan di Bumi Nyiur Melambai.

Staf khusus gubernur bidang pariwisata, Dino Gobel menambahkan, kesuksesan ini bisa dijadikan motivasi bagi daerah-daerah lain dalam menyelenggarakan event. Kendati demikian, Dino Gobel pun sangat optimistis jika ke depan event-event di daerah lain dapat semakin baik. "Dengan kerja keras seluruh elemen dan komitmen yang kuat dari kepala daerah, pasti berhasil," tandas Dino.

Seperti diketahui, penetapan CoE Wonderful Indonesia tersebut berawal dari arahan Presiden RI, Joko Widodo saat Sail Tomini 2015. Kala itu, Presiden Jokowi berharap agar penyelenggaraan event di Indonesia mempunyai standar nasional dan internasional dalam kemasannya, baik dari segi koreografi, aransemen musik, maupun penataan kostum atau busana.

CoE Wonderful Indonesia kali pertama dibukukan dan dibuat 2017, namun saat itu belum menggunakan kurator dalam pemilihan event. Kemenpar hanya meminta usulan Top 3 events dari masing-masing provinsi. Kemudian, tahun berikutnya hingga sekarang, penentuan CoE wajib menggunakan kriteria 3C (Cultural/Creative Values, Commercial and Communication Values, serta CEO Commitment) dan dikurasi para kurator profesional di bidangnya.

Ratusan event pariwisata yang diusulkan daerah dari 34 provinsi di seluruh Indonesia kemudian dikurasi Tim Kurator Kemenpar untuk ditetapkan sebagai 100 CoE Wonderful Indonesia 2020. Di antara 100 event tersebut juga ditetapkan sebagai Top 10 CoE 2020.

Keseluruhan event yang masuk dalam CoE 2020 akan mendapatkan pendampingan dan dukungan promosi media (pre, on, dan post), serta dukungan penyelenggaraan pada saat event berlangsung dari Kemenpar agar memiliki nilai jual serta lebih menarik bagi wisatawan untuk berkunjung.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9445 seconds (0.1#10.140)