5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dicuci Sebelum Dimasak

Jum'at, 18 Oktober 2019 - 08:59 WIB
5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dicuci Sebelum Dimasak
5 Makanan yang Sebaiknya Tidak Dicuci Sebelum Dimasak
A A A
JAKARTA - Ada kepercayaan, umum mencuci buah, sayuran, dan daging sebelum dimasak membunuh semua bakteri dan kuman yang tidak diinginkan. Tapi, yang sering terlupa adalah proses mencuci juga dapat mengganggu nilai-nilai gizi dan esensi yang ditambahkan pada hasil akhir sebuah hidangan.

Oleh karena itu, tidak semua makanan harus dicuci sebelum dimasak. Apa saja? Seperti dilansir Times of India, berikut 5 makanan umum yang tidak dianjurkan untuk dicuci sebelum dimasak.

1. Pasta
Anda mungkin bertanya-tanya mengapa pasta tidak boleh dicuci sebelum dimasak? Dan jawaban untuk pertanyaan ini adalah bahwa mencuci menghilangkan pati yang membantu menyerap saus dan bahan lainnya secara lebih efektif.

2. Jamur
Jamur menyerap air dengan sangat cepat, sehingga merendamnya dalam air atau mencuci dengan air mengalir dapat merusak jamur karena akan kehilangan elastisitasnya. Cara terbaik untuk membersihkan jamur adalah dengan mengeringkannya dengan handuk kertas. Anda harus merebusnya sekali sebelum menggunakan.

3. Daging
Daging (daging sapi, babi, dan domba) tidak seharusnya dicuci dengan air mengalir karena bakteri akan menyebar ke tangan dan bahkan di wastafel dapur. Disarankan untuk membersihkan daging dengan bantuan tisu. Setelah itu, jangan lupa mencuci tangan dengan air suam-suam kuku dan anti septik. Kemudian, Anda bisa merebus daging dan buang airnya.

4. Telur

Mencuci telur adalah ide yang buruk. Pasalnya, cara ini akan menghilangkan lapisan perlindungan zat khusus yang umumnya melapisi telur untuk melindungi dari kontaminasi oleh bakteri.

5. Ayam

Ayam memiliki bakteri berbahaya yang disebut salmonella yang tidak dapat dihilangkan dengan mencuci di air mengalir. Ketika Anda mencuci ayam, bakteri menyebar ke tangan dan bahkan ke wastafel dapur. Cara terbaik untuk menghilangkannya adalah dengan memasak ayam secara langsung atau merebusnya dua kali sebelum dimasak. Kemudian, jangan lupa buang air rebusan ayam.

(tdy)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.3330 seconds (11.210#12.26)