Studi: Pria Lebih Lucu dari Wanita

Sabtu, 02 November 2019 - 14:30 WIB
Studi: Pria Lebih Lucu...
Studi: Pria Lebih Lucu dari Wanita
A A A
NEW DELHI - Berdasarkan studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Aberystwyth University dan University of North Carolina, ditemukan bahwa masyarakat tidak menganjurkan kaum wanita untuk mengekspresikan humor.

Studi ini menganalisis 28 studi yang dinilai hampir 5.000 orang tentang betapa lucunya mereka. Sebagian besar penelitian meminta peserta untuk menulis keterangan gambar lucu yang kemudian dinilai sejumlah panelis yang tidak mengetahui jenis kelamin peserta. Pada akhir studi, ditemukan hampir 63 persen pria menulis teks yang lebih lucu daripada wanita.

"Rata-rata, pria tampaknya memiliki kemampuan produksi humor yang lebih tinggi daripada wanita,” kata penulis penelitian Gil Greengross seperti dilansir Times of India.

Namun, tidak berarti bahwa setiap pria yang berpartisipasi dalam penelitian ini lebih lucu daripada setiap wanita, meski ada juga komedian wanita seperti Sarah Silverman, Tina Fey, Ali Wong. Tapi mengutip hasil penelitian, secara umum pria lebih lucu daripada wanita.

"Ada kemungkinan bahwa pandangan bahwa wanita kurang lucu begitu meresap sehingga kekuatan masyarakat mencegah gadis dan wanita untuk mengembangkan dan mengekspresikan humor mereka, membuat seorang wanita cenderung dianggap sebagai ‘lucu’,” tuturnya."

Dijelaskannya, humor sangat berkorelasi dengan kecerdasan yang menjelaskan mengapa wanita menghargai pria dengan selera humor yang tinggi.

“Karena kecerdasan sangat penting untuk bertahan hidup sepanjang sejarah evolusi kita ketika kita kebanyakan hidup dalam kelompok pemburu-pengumpul. Pria, di sisi lain tangan, lebih suka wanita yang menertawakan humor mereka,” terangnya.

Studi ini jelas mendapat reaksi beragam, dengan banyak komedian yang keberatan dengan temuan penelitian ini. Komedian Marina Bay berbagi penelitian ini mungkin mengecewakan wanita yang masuk komedi. Banyak yang bahkan berargumen mengapa penelitian dilakukan di tempat pertama, menyebutnya 'tidak perlu'. Komedian lain menyebutnya studi membosankan dan mengatakan wanita tidak perlu lucu untuk menemukan pasangan.

Kita semua tahu ada begitu banyak pelawak pria dan wanita yang luar biasa dan sebenarnya tidak ada gunanya menggunakan sains untuk membuktikan siapa yang lebih lucu.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7424 seconds (0.1#10.140)