Haruskan Hindari Makan Pisang Saat Musim Dingin?

Senin, 09 Desember 2019 - 19:30 WIB
Haruskan Hindari Makan Pisang Saat Musim Dingin?
Haruskan Hindari Makan Pisang Saat Musim Dingin?
A A A
JAKARTA - Pisang menjadi salah satu buah yang disukai dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Namun, banyak pertanyaan yang diajukan, apakah seseorang harus meninggalkan makan pisang selama musim dingin? Ya, jika Anda memiliki penyakit pernapasan seperti pilek dan sinus, maka yang terbaik adalah membatasi asupannya.

Tapi buah berwarna kuning ini tidak sepenuhnya dihilangkan dari dalam daftar. Anda tetap bisa menikmatinya selama musim dingin. Ada beberapa alasan Anda tetap makan pisang saat musim dingin. Seperti dilansir The Indian Express, berikut ulasannya;

1. Pisang memiliki vitamin dan mineral penting
Cuaca dingin dapat menyebabkan masalah terkait tulang. Dosis kalsium harian tidak hanya membantu menjaga kepadatan tulang, juga memperkuatnya. Sebagai kelas berat dalam hal nutrisi, pisang sarat dengan vitamin dan mineral penting, seperti kalium, kalsium, mangan, magnesium, zat besi, folat, niasin, riboflavin, dan B6. Ini semua berkontribusi pada berfungsinya tubuh dan membuat Anda tetap sehat.

2. Tinggi serat
Pisang kaya akan serat, baik larut dan tidak larut. Serat larut memiliki kecenderungan untuk memperlambat pencernaan yang membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Inilah sebabnya mengapa pisang sering dimasukkan dalam sarapan sehingga orang dapat memulai hari tanpa harus khawatir tentang rasa lapar.
3. Bagus untuk jantung
Makan pisang juga dapat membantu pencegahan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Makanan berserat tinggi seperti pisang dikatakan dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Sesuai penelitian Universitas Leeds di Inggris, peningkatan konsumsi makanan kaya serat membantu mencegah penyakit kardiovaskular (CVD) dan penyakit jantung koroner (PJK). Potasium dalam pisang membantu mengatur detak jantung, tekanan darah, dan menjaga otak tetap waspada.

4. Membantu menggantikan keinginan makan malam
Jika Anda kerap menghadapi hasrat makan larut malam, maka pisang adalah cara cerdas untuk menghindari makanan yang diisi dengan tambahan gula dan kalori tinggi. Pisang cukup manis untuk memuaskan hasrat makan malam. Nah, mengkonsumsi pisang setelah berolahraga di malam hari adalah cara yang baik.

5. Membantu tidur pulas

Pisang kaya kalium yang membantu mengendurkan otot setelah hari yang melelahkan. Makan satu atau dua buah pisang sore hari membantu tubuh Anda siap untuk tertidur.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6037 seconds (0.1#10.140)
pixels