Ahli: MSG Aman Jika Digunakan Secara Bijak

Rabu, 05 Februari 2020 - 17:30 WIB
Ahli: MSG Aman Jika Digunakan Secara Bijak
Ahli: MSG Aman Jika Digunakan Secara Bijak
A A A
JAKARTA - Monosodium glutamate atau MSG dapat menambah rasa gurih pada makanan. Bahan ini sudah digunakan sejak puluhan tahun lalu.

Namun, di balik kenikmatan yang diberikan, MSG disebut-sebut bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Antara lain penyakit kanker, merusak otak, hingga menurunkan intelegensi.

Anggapan tersebut dipercaya banyak kalangan hingga saat ini. Karana itu, sebagian orang memilih untuk menghindari MSG dan beralih menggunakan penyedap makanan lain.

Lantas, benarkah MSG dapat menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh?

"Pembahasan mengenai monosodium glutamate atau MSG memang masih marak dilakukan karena begitu banyak mispersepsi yang terjadi di kalangan masyarakat mengenai efek negatifnya terhadap kesehatan," kata Prof. DR. Dr. Nurpudji A Taslim, MPH, SpG(K), Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia dalam acara diskusi media di Jakarta, Rabu (5/2).

Artinya, penggunaan bumbu penyedap rasa tidak berbahaya bagi kesehatan selama dilakukan secara bijak.

Lebih lanjut Prof. Nurpudji menyarankan Anda untuk menggunakan bahan penyedap rasa sesuai porsinya dan tidak berlebihan. Pastikan pula Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

"Jika kita memperhatikan asupan gizi dengan baik dan menggunakan MSG dalam porsi yang tepat dan seperlunya, tubuh akan tetap sehat serta tak perlu khawatir MSG bakal memberikan efek negatif terhadap kesehatan," tandasnya.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9501 seconds (0.1#10.140)