Galakkan Penggunaan OMAI, Ini Harapan Menkes Terawan

Sabtu, 22 Februari 2020 - 02:30 WIB
Galakkan Penggunaan OMAI, Ini Harapan Menkes Terawan
Galakkan Penggunaan OMAI, Ini Harapan Menkes Terawan
A A A
BEKASI - Mencoba menekan harga obat agar semakin terjangkau di Tanah Air, Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto menggalakkan penggunaan Obat Modern Asli Indonesia (OMAI). Saat ini, OMAI pun sudah mengalami banyak kemajuan.

Di samping itu, OMAI juga dibuat dengan bahan baku asli Indonesia. "Untuk mencapai target mengurangi ketergantungan impor bahan baku obat dan alat kesehatan, Kemenkes akan melakukan percepatan dengan mendorong investasi bahan baku, produk obat, serta alat kesehatan," tegas Menkes Terawan saat melihat kesiapan bahan baku di Dexa Site Cikarang, Bekasi, Jumat (21/2).

Menkes Terawan berupaya untuk memasukkan OMAI ini ke program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dengan demikian, biaya yang dikeluarkan bisa diturunkan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan obat-obatan tersebut akan diekspor ke luar negeri.

"Kita berjuang memenuhi kebutuhan produksinya, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek. Makin ditingkatkan produksinya untuk pemenuhan, kalau perlu nanti kita ekspor. Kita harus terus selalu optimistis," ucapnya.

Saat ini, ketersediaan bahan baku dalam negeri untuk mensubtitusi bahan baku impor dikatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan produksi.

Menkes Terawan berharap obat-obatan tersebut bisa memberikan kekuatan dan ketahanan bangsa di bidang ketahanan kesehatan nasional. Selain itu, bisa juga berkontribusi untuk mendukung ketahanan kesehatan global.
(nug)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3870 seconds (0.1#10.140)