Gaya Hidup Sehat dengan Susu Segar

Kamis, 05 Maret 2020 - 07:57 WIB
Gaya Hidup Sehat dengan Susu Segar
Gaya Hidup Sehat dengan Susu Segar
A A A
MALANG - Susu menjadi sumber kalsium, mineral, vitamin, dan protein yang dibutuhkan tubuh untuk gizi seimbang. Dengan memilih susu segar, maka kandungan vitamin serta mineral di dalamnya akan tetap bertahan saat dikonsumsi.

Bicara soal susu segar, Greenfields belum lama ini mengajak sejumlah awak media dan content creator untuk mengunjungi pabrik di Palaan dan peternakannya di Babadan, Malang, Jawa Timur. Selama perjalanan, rombongan disuguhi pemandangan indah dengan jalan berkelok-kelok menuju kawasan pegunungan yang menjadi lokasi peternakan. Setelah sampai di peternakan, terlihat barisan sapi perah berjalan teratur menuju tempat pemerahan sapi dari area perternakan. Di sana diperlihatkan bagaimana pemeliharaan hewan, pemerahan susu, proses pengolahan susu di dalam pabrik, hingga proses pengemasan yang siap dipasarkan.

Menurut Head of Farm 1 PT Greenfields Indonesia Hani Yudayan, sapi di peternakan Greenfields rutin diberi "perawatan" predicure agar mereka merasa nyaman. "Sehingga pada saat kita dekati, sapi-sapi itu tidak akan ketakutan karena mereka happy dan tak pernah dikasari," kata Hani di auditorium peternakan sapi Greenfields, Malang, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Hani menambahkan, peternakan dan pabrik susu terintegrasi Greenfields terletak di lahan seluas 50 hektar dan berada 1.200 meter di atas permukaan laut dengan lebih dari 10.000 sapi perah Holstein dan Jersey yang diimpor dari Australia untuk menghasilkan susu segar yang berkualitas tinggi, alami, kaya nutrisi, serta aman untuk dikonsumsi.

Hal yang sama juga dikatakan Head of Marketing PT AustAsia Food Endang Wijayaningsih. "Dalam rangka hari gizi nasional pada 28 Februari, Greenfields mengajak masyarakat untuk mengonsumsi susu segar dan murni dengan kualitas terbaik. Dengan adanya kunjungan ke peternakan dan pabrik Greenfields ini, kami ingin memperlihatkan bahwa susu Greenfields dihasilkan melalui proses pasteurisasi yang terintegrasi dari peternakan hingga ke pabrik. Dengan sterilisasi dan penggunaan mesin berteknologi terkini untuk menjaga agar kualitas susu dapat dinikmati oleh para penikmat susu segar Greenfields," jelasnya.

Dan, menjalani pola hidup lebih sehat bisa dimulai dengan mengonsumsi susu dan produk olahan susu seperti keju berkualitas terbaik.

Selanjutnya, rombongan juga diajak melihat anak sapi yang di kandangnya berisi matras alias tumpukkan jerami tempat mereka berbaring. "Pemberian nutrisi pada sapi dimulai ketika mereka baru lahir dengan memasok mereka colostrum yang bermanfaat sama seperti ASI pada manusia. Cairan ini mengandung banyak protein dan imun untuk kekebalan tubuh anak sapi," jelas Hani.

Saat menelusuri setiap kandang sapi, tidak terlihat kerumunan lalat yang menghinggapi hewan ternak tersebut. Semua kandang didesain sangat detail dengan memperhatikan kebersihan dan sirkulasi udara yang sehat. Untuk makanannya pun diolah dari campuran rumput, jagung, protein, vitamin, dan beberapa jenis pangan lain yang kemudian disimpan di dalam gudang penyimpanan khusus.

Lalu, diperlihatkan juga bagaimana sapi yang masuk ke dalam kandang pemerahan mendapatkan sterilisasi ambing (puting sapi) sebelum diperah. "Tujuannya untuk mencegah bakteri dan terjadinya infeksi pada puting sapi," jelas Hani.

Cara memerah susu sapi ini menggunakan alat pemerah berbentuk selang yang dipasang pada puting sapi dan akan terlepas dengan sendirinya jika susu sapi telah habis. Selanjutnya susu tersebut akan mengalir langsung menuju selang pemrosesan susu sapi.

Di hari selanjutnya rombongan media dan content creator diajak mengunjungi pabrik susu Greenfields. Siapapun yang masuk pabrik harus melalui ruang sterilisasi, menggunakan seragam khusus, dan disemprotkan cairan anti-bakteri.

Head of Dairy Manufacturing – SEA PT Greenfields Indonesia Darmanto Setyawan mengatakan, proses pengolahan susu sapi hingga dalam wujud kemasan yang bisa ditemui di pasar swalayan berintegrasi modern dengan teknologi terkini dari peternakan sapi agar kualitas susunya tetap baik.

Darmanto menambahkan, selain susu segar, di pabrik Greenfields juga dilakukan pembuatan yoghurt dan keju. "Tentu saja keju dan yoghurt dibuat dari susu segar asal peternakan sapi Greenfields," imbuhnya.

Sementara itu, Dr. Matthew Lantz Blaylock, PhD, ilmuwan nutrisi menjelaskan bahwa aspek terpenting dalam menjalani gaya hidup sehat adalah asupan gizi. Banyak orang yang memiliki pemikiran kalau olahraga adalah hal terpenting dalam menjalani gaya hidup sehat.

"Olahraga memang bagian penting dalam menjalani gaya hidup sehat, namun kenyataannya, gaya hidup sehat terdiri dari 30% olahraga dan 70% asupan gizi," ujarnya.

"Saat sarapan pagi, cobalah lengkapi dengan segelas susu segar yang memiliki kandungan gizi berlimpah, terutama kalsium dan vitamin. Di sore hari, daripada makan camilan yang digoreng, cobalah ganti dengan buah-buahan, keju, dark chocolate, atau yogurt. Yogurt yang terbuat dari susu segar mengandung protein serta kalsium yang baik untuk otot dan tulang. Sebagai produk hasil fermentasi susu, yogurt mengandung bakteri baik yang membantu memperlancar pencernaan. Yogurt juga mengandung vitamin B6, B12, kalium, dan magnesium," tuturnya lagi.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5216 seconds (0.1#10.140)