Mahasiswa Unnes Catat Rekor Tari Krida sang Garuda

Jum'at, 06 Maret 2020 - 08:30 WIB
Mahasiswa Unnes Catat Rekor Tari Krida sang Garuda
Mahasiswa Unnes Catat Rekor Tari Krida sang Garuda
A A A
SEMARANG - Universitas Negeri Semarang (Unnes) kembali mencatatkan prestasi dalam dunia seni budaya. Prestasi tersebut berupa rekor seni pertunjukan tari "Krida sang Garuda" yang dipentaskan para mahasiswa dengan properti kain sepanjang 55 meter.

Tari "Krida sang Garuda" tersebut ditampilkan dalam pembukaan Dies Natalis ke-55 Unnes dan tercatat dalam Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (Leprid).

Ketua Umum dan Pendiri Leprid Paulus Pangka memberikan penghargaan kepada tiga orang yang berperan dalam penciptaan rekor tari "Krida sang Garuda" yang dipentaskan di lapangan Prof Dirham Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Unnes, pada Kamis (5/3/2020). Yakni Rektor Unnes Prof Dr Fathur Rokhman sebagai pemrakarsa, Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Achmad Rifai selaku penyelenggara, dan Bintang Hamgoro P sebagai sutradara seni pertunjukan.

"Dalam pembukaan Dies Natalis ke-55, Unnes berhasil meraih prestasi rekor bukan hanya tingkat nasional, tapi dunia yang ke-17 kali. Di dalam seni pertunjukan, tak kalah penting adalah pesan moral kebangsaan yang ada di dalamnya dan menginspirasi kita semua," ungkap Paulus Pangka.

Dia menyampaikan, rekor-rekor yang sebelumnya diraih Unnes juga ada di bidang budaya, bidang lingkungan hidup, pendidikan, dan teknologi.

Sementara itu Prof Fathur Rokhman menuturkan, gelaran seni pertunjukan dalam Dies Natalis ke-55 ini sebagai wujud mengembangkan tradisi serta komitmen dalam menerapkan nilai konservasi dan karakter yang sudah diterapkan. Hal itu disimbolkan dalam kreativitas tarian oleh para mahasiswa.

"Dalam tarian ini memiliki pesan moral yang luar biasa bagi perguruan tinggi negeri (PTN) untuk menjaga nilai Pancasila,” kata Fathur Rokhman.

“Kami juga berkomitmen menumbuhkan nilai pancasila di Unnes sebagai bagian dari nilai konservasi yang memberikan karakter yang unggul," pungkasnya.
(tsa)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3663 seconds (0.1#10.140)