Atlet juga Perlu Vaksin Influenza untuk Hindari Virus

Selasa, 10 Maret 2020 - 18:31 WIB
Atlet juga Perlu Vaksin Influenza untuk Hindari Virus
Atlet juga Perlu Vaksin Influenza untuk Hindari Virus
A A A
JAKARTA - Setiap orang termasuk atlet yang menjalankan gaya hidup sehat sekalipun, berpotensi terpapar virus influenza. Partisipasi atlet dalam berbagai pertandingan olahraga menyebabkan semakin mudahnya penyebaran penyakit menular melalui beberapa cara seperti saat melakukan kegiatan bersama, menggunakan peralatan olahraga yang sama, berada di ruangan berkumpul dan berlatih serta saat atlet melakukan perjalanan ke daerah-daerah yang berisiko.

Jika dilihat secara fisiologi, atlet adalah seseorang yang melakukan suatu aktivitas fisik yang berat, sehingga harus ditunjang dari segi gizi maupun daya tahan tubuh. Sementara, saat diserang beberapa penyakit, terkadang tubuh tidak dapat menangkal penyakit tersebut secara optimal sehingga dibutuhkan zat yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Zat tersebut dapat berupa vaksin.

"Selain untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun, manfaat vaksinasi bagi atlet, dapat mengantisipasi penggunaan doping bagi atlet. Doping selain merusak tubuh juga merusak prestasi atlet," kata Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga.

Ada beberapa jenis vaksin yang dianjurkan bagi para atlet agar dapat menjalankan latihan dengan baik dan tentunya dapat meningkatkan prestasinya. Jenis vaksin yang dianjurkan untuk atlet misalnya kolera, tetanus, hepatitis dan influenza.

Vaksinasi influenza merupakan salah satu bentuk pencegahan penyakit yang efektif untuk menghindari terjangkitnya penyakit infeksi virus influenza, mulai dari anak, orang dewasa hingga orang tua.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima SINDOnews, vaksin influenza disarankan, terutama bagi atlet yang hendak bepergian ke berbagai daerah, saat musim panas atau dingin, kontak dengan masyarakat atau rekan atlet lainnya.

"Setiap atlet yang akan berangkat bertanding dan melakukan perjalanan keluar negeri, dianjurkan diberikan vaksinasi tertentu, termasuk vaksinasi influenza. Tujuan vaksinasi adalah mencegah pelaku perjalanan terkena infeksi penyakit menular di tempat tujuan, dan mencegah pelaku perjalanan membawa penyakit menular dari tempat tujuan pulang kembali ke tempat keberangkatan,” jelas Dr. Benget Saragih, M.Epid, Kepala Sub. Direktorat Karantina Kesehatan, Direktur Jenderal P2P Kementerian Kesehatan.

Penyakit influenza sering disamakan dengan selesma, karena sering terjadi sehari-hari dan umumnya dapat pulih dengan sendirinya. Tetapi bagi atlet, influenza akan sangat merugikan karena dapat menyebabkan badan menjadi lemas dan tidak dapat berlatih dengan normal. Selain itu, risiko besar terjadi penularan kepada atlet lain, sehingga dapat merugikan tim secara keseluruhan.

“Menjelang Olimpiade, kami mendukung penuh partisipasi para atlet Indonesia agar dapat memberikan performa terbaik saat berlaga di berbagai pertandingan. Maka, kami mendorong para atlet agar memiliki gaya hidup yang sehat, termasuk melakukan vaksinasi untuk memberikan perlindungan diri dan mencegah penyebaran penyakit menular," papar Bapak Dr. Haryono, SpPD, FINASIM dari Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kesehatan Olahraga Nasiona (PPITKON) Kementerian Pemuda dan Olahraga.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5193 seconds (0.1#10.140)