Tips Buat Donat Pandan dengan Tekstur Empuk dan Lembut

Jum'at, 13 Maret 2020 - 12:30 WIB
Tips Buat Donat Pandan dengan Tekstur Empuk dan Lembut
Tips Buat Donat Pandan dengan Tekstur Empuk dan Lembut
A A A
JAKARTA - Umumnya donat disajikan bersama pelengkap, seperti gula halus, cokelat atau berbagai macam selai yang menambah kenikmatan donat. Selain pelengkap tersebut, Anda bisa berkreasi dengan menggunakan bahan lainnya seperti halnya pandan.

Aroma pandan yang wangi, akan memberikan sensasi tersendiri saat mencicipinya. Si kecil pun pasti menyukai camilan satu ini. Anda bisa membuat donat ini di rumah sebagai camilan akhir pekan. Sayang, tidak semua ibu rumah tangga bisa membuat donat yang enak, apalagi dengan tekstur yang empuk dan lembut. Tentu saja hal ini menjadi masalah tersendiri. Tapi, tak perlu khawatir, akun Instagram @masaktv berbagi resep. Berikut cara membuat Donat Pandan.

Bahan-bahan:
Bahan cair:⁣

30 g kental manis⁣
130 g air hangat⁣
7 g ragi⁣
3 tetes pasta pandan ⁣

Bahan kering:⁣
270 g tepung terigu protein tinggi⁣
1 sdt baking powder⁣
50 g butter⁣
½ sdt gula pasir ⁣
Garam⁣

Pelengkap:⁣
Gula halus⁣

Cara membuat:⁣
Campur air hangat, kental manis, dan ragi, aduk rata. Tunggu hingga berbuih. Tambahkan 3 tetes pasta pandan atau hingga memperoleh warna hijau muda yang diinginkan. Dalam wadah mixer, campur semua bahan kering, aduk rata.⁣

Masukkan adonan basah. Aduk rata dengan mixer selama 2 menit kecepatan sedang untuk mengaktifkan ragi. Lanjutkan mixer dengan kecepatan sedang selama 6 menit hingga adonan kalis dan tidak ada yang menempel. Tutup dan biarkan mengembang hingga ukurannya 2x lipat kurang lebih 1-1 ½ jam. (Baca juga: Efektifkah Penggunaan Hand Sanitizer untuk Cegah Covid-19? ).

Buangkan angin dari adonan. Ratakan adonan dengan rolling pin setebal ¾ inci. Bentuk adonan menjadi donat. Diamkan lagi 7 menit. Goreng donat dengan api kecil hingga matang. Tiriskan. Jangan sampai terlalu berubah warna. Saat masih hangat, gulingkan donat ke dalam gula halus. Sajikan.⁣
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5125 seconds (0.1#10.140)
pixels