Lyodra Ginting, Siap Atasi Kutukan Juara

loading...
Lyodra Ginting, Siap Atasi Kutukan Juara
Lyodra Ginting, Siap Atasi Kutukan Juara
JAKARTA - Lyodra Ginting, juara Indonesian Idol Season X, tidak ambil pusing dengan adanya mitos kutukan juara pertama Indonesian Idol yang kalah populer ketimbang runner-up. Bagaimana dan apa yang dia siapkan untuk mematahkan mitos itu?

Lyodra Ginting sukses menjadi juara termuda dalam babak Result & Reunion Indonesian Idol X. Penyanyi 16 tahun ini berhasil mengalahkan Tiara Anugrah yang usianya juga masih muda 18 tahun. Kesuksesan Lyodra ini tak hanya meneruskan tradisi juara dari Medan, Sumatera Utara, juga membuktikan bahwa usia tak menghalangi seorang dalam mewujudkan mimpinya jadi seorang penyanyi dan menjadi idola Indonesia.

Setelah berhasil jadi pemenang, Lyodra justru diharapkan mampu mematahkan mitos yang selalu beredar di setiap penyelenggaraan Indonesian Idol. Mitos tersebut mengatakan juara Indonesian Idol akan kalah populer ketimbang juara kedua.

Faktanya memang hal itu terjadi selama bertahun-tahun. Indonesian Idol musim pertama, Joy Tobing, yang keluar sebagai juara kini tak lebih terkenal dari Delon yang keluar sebagai runner up. Tak hanya terjadi pada Joy Tobing, hal sama terjadi saat Judika lebih sering mengeluarkan album daripada almarhum Mike Mohede. Selain itu, kutukan ini berlaku untuk Igo dan Citra Scholastika. Citra yang menduduki posisi runner up justru lebih dikenal publik daripada Igo.



Saat mengadakan kunjungan ke KORAN SINDO pada Jumat (13/3) lalu, Lyodra mengaku telah mendengar mitos itu. Namun, hal itu tidak akan membebani dirinya terjun ke dunia musik. “Buat aku, enggak semua juara Idol karier dan popularitasnya akan stuck. Tergantung pribadi si penyanyi itu terbiasa tidak dengan persaingan dalam industri ketat. Buat aku, jadi penyanyi harus menyesuaikan saja, ini kompetisi harus menunjukkan potensi,” ungkapnya

Itulah mengapa Lyodra langsung tancap gas usai dinobatkan jadi juara. Dia mengaku telah menyiapkan sejumlah rencana dan strategi untuk kariernya sebagai penyanyi profesional. Gadis 16 tahun ini tentu sangat ingin mempunyai karya baik album atau single yang siap memberikan warna baru untuk industri musik Tanah Air.

Tentunya hal tersebut memberikan konsekuensi bahwa album Lyodra mendatang akan diisi dengan berbagai macam genre lagu. Melalui karyanya, Lyodra ingin menegaskan bahwa jenis lagu apa saja bisa dibawakan dan ditaklukkannya dengan sangat baik.



"Aku pengin temanya bervariasi dan aku pengin (genre) yang mungkin easy listening, R&B, pop, kayak Lyodra biasanya powerfull. Doain ya," kata Lyodra saat berkunjung ke Gedung SINDO, Jakarta, Jumat (13/3).

Lyodra mengungkapkan bahwa dirinya sudah dijadwalkan akan segera melakukan workshop untuk single terbarunya berjudul Gemintang Hatiku. Mengusung tema percintaan, lagu kemenangan ini merupakan ciptaan dari trio pencipta hits Lale, Ilman (Maliq & D'essentials), dan Nino (RAN) yang tergabung dalam Laleilmanino

Tak sekadar mengeluarkan karya, sebagai penyanyi baru, tentu dia menyadari pentingnya berkolaborasi dengan penyanyi lain yang sudah punya jam terbang tinggi. Lyodra pun tanpa ragu menyebutkan beberapa nama musisi terbaik Tanah Air yang didambakannya untuk berkolaborasi.

Menariknya, beberapa di antaranya sudah dikenal ketika menjadi finalis Idol, seperti Yovie Widianto, Virgoun, hingga Dipha Barus. "Aku pengin banget duet sama Mas Yovie Widianto, Kak Virgoun, juga Dipha Barus. Kemarin sudah mulai jajaki kerja sama tektokan, mention-mention-an juga sama Dipha Barus. Doain aja. Kak Virgoun juga sudah ajak buat kolab (kolaborasi)," ucap Lyodra. (Thomas Manggalla)
(ysw)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top