alexametrics

6 Cara Masyarakat Dunia Melawan Corona, Bawang hingga Urin Sapi

loading...
A+ A-
NEW DELHI - Sampai saat ini virus corona masih jadi permasalahan serius di dunia. Dokter dan pembuat obat di berbagai negara berusaha menemukan obat guna penyembuhan virus corona atau Covid-19 yang mematikan.

Di tengah pendemi corona, muncul berbagai jenis perawatan dan tindakan pencegahan di beberapa Negara, mulai urin sapi hingga siung bawang putih. Pengobatan ini pun ada yang menjadi viral dan dikabarkan mampu menyembuhkan corona.

Dikutip laman India Times, berikut jenis perawatan yang diterapkan orang di sejumlah negara untuk cegah corona. Tapi, perlu diketahui, tidak semua cara ini berhasil karena belum ada konfirmasi resmi dari organisasi badan kesehatan mengenai cara-cara tersebut.



1. Bawang bombay
Meski terdengar aneh, seorang pemilik hotel di India telah menemukan bawang kecil sebagai obat untuk penyembuhan virus corona. Dia juga menawarkan Uthappam – salah satu menu makanan India – yang diisi bawang bombai kecil kepada pelanggannya. Alasan di balik pemilihan bawang sebagai obat herbal penyembuhan virus corona adalah bawang bombay kecil mampu meningkatkan imunitas dan memberikan resistensi terhadap penyakit berbasis flu.

2. Tanaman Honeysuckle (Kamperfuli)
Seorang ilmuwan China telah mengklaim bahwa cairan yang dibuat dengan bahan-bahan tradisional dapat membantu menyembuhkan virus corona yang mematikan. Bahan utama yang digunakan untuk membuat cairan ini adalah honeysuckle atau tanaman kamperfuli. Klaim tersebut mendorong pembelian bahan-bahan ini secara impulsif dari berbagai apotek di China. Orang-orang bergegas ke apotek setelah outlet media pemerintah Xinhua, melaporkan bahwa Akademi Ilmu Pengetahuan China yang terkenal telah menemukan bahwa ramuan itu dapat menghambat virus.

3. Urin sapi
Perawatan lain yang tidak biasa untuk memerangi virus corona baru datang dari Swami Chakrapani Maharaj, presiden partai politik Hindu Mahasabha di India. Dia mengatakan seseorang yang minum urin sapi akan diselamatkan dari penyakit mematikan. Dia juga merekomendasikan menggosok kotoran sapi pada tubuh dapat mencegah virus.

4. Nyanyian mantra
Dalai Lama, pemimpin spiritual terkenal di Tibet, telah menyarankan para pengikutnya untuk melantunkan mantra Tara guna menahan penyebaran virus corona yang mematikan. Nasihat datang dari seorang pemimpin spiritual setelah sekelompok bakta dari China mencari pertolongan tentang bagaimana menahan penyebaran.

5. Bawang putih
Media sosial juga sempat dihebohkan dengan kabar bahwa siung bawang putih dalam air yang matang dapat menyembuhkan virus corona. Meskipun tidak ada bukti keefektifannya, tetapi banyak orang yang mencoba obatnya. Bahkan WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) telah menerbitkan di salah satu artikelnya, bahwa tidak ada bukti bahwa makan bawang putih akan menyembuhkan virus corona.

6. Obat-obatan herbal
Kementerian AYUSH (Ayurveda, Yoga & Naturopathy, Unani, Siddha, Sowa Rigpa, dan Homeopati) di India, menyarankan orang untuk minum 10 gram bubuk Shadang Paniya (Musta, Parpat, Usheer, Chandan, Udeechya & Nagar) dalam setengah liter air matang agar aman dari virus corona. Kementerian juga menyarankan mengambil Arsenicum album-30, sebagai obat pencegahan dan dikonsumsi saat perut kosong selama tiga hari.

Karena virus corona yang mematikan ini telah menyebar di lebih dari 109 negara, disarankan untuk mengambil tindakan pencegahan pribadi sendiri dan tidak percaya pada mitos atau rumor yang belum dikonfirmasi kebenarannya. Cuci tangan sesering mungkin menjadi saran utama pencegahan penyebaran virus. Segeralah memeriksakan diri ke dokter jika Anda merasakan gejalanya.

(deslita krissanta sibuea)
(tdy)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak